HOME, Bugar

Ketahui 5 Jenis Scar Jerawat yang Mengganggu Penampilan Wajah

Ketahui 5 Jenis Scar Jerawat yang Mengganggu Penampilan Wajah

MOMSMONEY.ID - Setelah jerawat mereda, akan muncul scar atau bekas jerawat yang mengganggu penampilan wajah Anda. Scar mempunyai berbagai jenis, dari yang mudah dihilangkan hingga yang paling sulit.

Anda perlu mengetahui jenis-jenis scar, sehingga Anda bisa memilih cara penangan yang tepat. Oleh karena itu, berikut lima jenis scar atau bekas jerawat yang dilansir dari evamuliaclinic.com dan pure.co.id, yaitu :

1. Hyperpigmentation scars

Jenis scar jerawat pertama adalah Hyperpigmentation scars. Jenis scar ini menyebabkan perubahan warna pada kulit yang biasanya menghitam.

Melansir dari evamuliaclinic.com, Hyperpigmentation scars tidak berbentuk bekas luka, jenis scar ini disebabkan oleh peradangan yang membuat kulit memproduksi melanin dalam jumlah yang berlebih.

Jenis scar ini tidak berbahaya, tetapi cukup mengganggu penampilan wajah biasanya hilang selama 1-2 tahun. Oleh karen itu, pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen agar hiperpigmentasi tidak semakin parah.

Sebab, sinar matahari juga bisa membuat warna kulit berubah. Selain itu, gunakan juga produk skincare berbahan glycolic acid untuk mengeksfoliasi kulit dan retinoid untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit.

2. Ice pick scars

Selanjutnya, ada jenis scar bernama ice pick scars. Jenis scar ini paling susah untuk diobati, scar ini memiliki bentuk bentuk berupa lubang yang dibuat menggunakan ice pick atau alat pemecah es.

Masih melansir dari evamuliaclinic.com, Ice pick scar tergolong bekas jerawat yang sangat dalam, bahkan hingga mencapai lapisan dermis.

Ice pick scar adalah hasil dari cystic acne yang biasa terjadi pada area rahang, dagu, dan pipi. Peradangan jerawat yang terjadi pada bagian dalam kulit yang merusak jaringan tissue kulit dan meninggalkan bekas luka seperti tusukan.

Untuk mengatasi jenis scar ini, dibutuhkan perawatan khusus seperti punch excisions, laser treatment, hingga cangkok kulit.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh

3. Rolling scars

Rolling scar adalah jenis jaringan parut umum yang terbentuk akibat dari proses penyembuhan jerawat. Mengutip dari pure.co.id, Jenis scar ini membuat tekstur kulit menjadi naik turun seperti berombak, cenderung dangkal dan tidak memiliki batas luka yang jelas.

Biasanya rolling scars muncul di area wajah yang kulitnya lebih tebal, seperti area pipi bagian bawah dan rahang. Ada beberapa cara yang untuk mengatasi jenis scar ini yaitu dengan melakukan laser treatment dan facial filler. 

4. Boxed Scar

Jenis scar selanjutnya adalah boxed scar. Boxed scar mempunyai bentuk lekukan bulat atau oval di kulit dengan warna merah atau cokelat tua. Ini termasuk ke dalam jenis luka atrofi yang berarti warna kulit tidak akan kembali ke semula setelah sembuh.

Penyebab terbentuknya jenis scar ini adalah karena produksi kolagen yang terlalu sedikit saat proses penyembuhan luka dan hilangnya jaringan pada kulit. Boxed scar dapat ditangani dengan perawatan punch excision, punch elevation, dermal filler, atau laser resurfacing.

5. Keloid scars

Jenis scar terakhir yaitu keloid scars. Mengutip dari pure.co.id, Scar ini memiliki bentuk bekas luka yang membesar dan menonjol, biasanya berwarna kemerahan, sewarna kulit atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya.

Jenis scar ini berkembang ketika tubuh memproduksi banyak sel kolagen saat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat peradangan (inflamasi).

Melansir dari evamuliaclinic.com, Keloid scars bisa dihilangkan dengan memberi suntikan steroid atau costisone. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk retinol topical dan laser treatment. Cara ini dipercaya lebih ampuh dibandingkan dengan pengangkatan keloid melalui operasi.

Selanjutnya: Ketahui 4 Masker Alami yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News