HOME, Bugar

Ketahui 5 Fungsi Minyak di Wajah, Bisa Memperlambat Penuaan Dini

Ketahui 5 Fungsi Minyak di Wajah, Bisa Memperlambat Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Minyak alami di wajah diproduksi oleh kelenjar minyak atau sebaceous. Bagi Anda pemilik kulit berminyak, jenis kulit ini cukup mengganggu penampilan wajah jika berlebih.

Namun, minyak alami yang muncul ini sebenarnya bisa menjaga kelembapan kulit anda dan bahkan bisa mencegah penuaan dini.

Selain itu, ternyata masih ada lagi fungsi minyak di wajah yang memiliki manfaat baik untuk kulit Anda. Melansir dari senka.id, berikut lima fungsi minyak di wajah yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Memperlambat Penuaan Dini

Penuaan Dini

Fungsi minyak di wajah pertama adalah dapat memperlambat penuaan dini. Ternyata, sebum atau minyak alami pada kulit merupakan salah satu anti-aging alami yang mampu mempertahankan elastisitas wajah. Minyak alami tersebut yang membuat tampilan wajah Anda tampak kenyal dan awet mudah.

Selain itu, Anda cukup sering menemukan produk anti-aging yang berbahan dasar minyak. Hal tersebut karena minyak bisa dikatakan sebagai ‘booster’ bagi kulit wajah yang kadar minyak alaminya kurang. Oleh karena itu, bagi pemilik kulit berminyak ini salah satu nilai plus untuk Anda. 

2. Terhindar Masalah Dehidrasi Kulit

Kulit kering

Setelah memperlambat penuaan dini, wajah Anda akan terhindar dari masalah dehidrasi kulit. Sebum bisa membantu mengontrol kadar air pada kulit wajah untuk memastikan bahwa kulit memiliki cukup cairan.

Namun, anda tetap harus mengonsumsi air putih secara rutin agar dapat memenuhi cairan tubuh. Anda juga tetap perlu menggunakan produk pelembap wajah, biasanya bertekstur gel supaya mudah menyerap, yang diperuntukkan kulit berminyak.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Habbatussauda untuk Perawatan Rambut Anda

3. Meminimalisir Permasalahan Kulit

Kulit kering

Kondisi wajah yang berminyak dapat meminimalisir risiko terjadinya iritasi, gatal-gatal, dan kulit terkelupas. Hal ini dikarenakan kelembapan ekstra dari minyak tersebut.

Selain itu, pemilik kulit berminyak saat berdandan tidak terlalu membutuhkan foundation yang terlalu tebal sebagai base atau dasar makeup. Cukup memakai concealer atau bedak foundation atau cushion dan lipstik saja. 

4. Kulit Terlihat Cerah & Berkilau

Kulit Glowing

Fungsi minyak di wajah selanjutnya yaitu membuat kulit terlihat cerah dan berkilau. Hal ini terjadi karena minyak pada wajah berminyak yang lebih banyak daripada kulit kering, membuat kondisi kulit anda cenderung lebih lembap. Sehingga, kulit wajah Anda jadi terlihat cerah dan merona secara alami. 

5. Menjaga Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Berjemur

Fungsi minyak di wajah terakhir adalah menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Lapisan sebum yang cukup banyak di wajah dapat membantu melindungi kulit wajah dari bahaya paparan sinar matahari berlebih.

Hal ini disebabkan oleh sebum yang ada pada lapisan wajah faktanya mengandung vitamin E alami yang cukup efektif sebagai antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

Selanjutnya: Inilah 4 Cara Perawatan Wajah untuk Anda Berusia 20-an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News