HOME, Bugar

Ketahui 5 Ciri Penyakit TBC yang Perlu Diwaspadai

Ketahui 5 Ciri Penyakit TBC yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang banyak terjadi dan erat kaitannya dengan pernapasan adalah tuberkulosis (TBC). Ini merupakan penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.

Penyakit ini bisa ditularkan dari pengidap TB aktif yang mengalami batuk melalui droplet (partikel air di udara) yang dikeluarkan. Gejala TBC pada mulanya berupa batuk. Selain itu, masih ada beberapa ciri penyakit TBC yang perlu diwaspadai. 

1. Sering merasa lelah

Meskipun tidak melakukan aktivitas fisik, tubuh pengidap TBC akan sering merasa kelelahan. Hal ini ditandai dengan tubuh yang pegal-pegal dan sakit kepala.

Baca Juga: Waspada! Kenali Penyebab dan Gejala Batuk Berdarah

2. Suhu tubuh meningkat

Tanda  awal TBC adalah suhu tubuh yang meningkat (demam), terutama di malam hari. Meskipun pada pagi dan siang hari tubuhnya sehat dan bugar, menjelang malam, tubuh pengidap TBC akan melemah dan disertai oleh demam.

Meningkatnya suhu tubuh ini biasanya berlangsung selama lebih dari 3 minggu, meskipun sudah mengonsumsi obat penurun demam.

3. Nafsu makan dan berat badan menurun

Ciri fisik yang tampak dari pengidap TBC adalah berat badan yang menurun. Keadaan ini diawali dengan menurunnya nafsu makan.

Ketika ini terjadi, tubuh akan mengeluarkan zat yang dapat membuat tubuh menggunakan banyak energi, sehingga proses pemecahan cadangan makanan pun akan berlangsung. Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan penurunan berat badan.

4. Berkeringat di malam hari

Suhu tubuh meningkat dan demam di malam hari juga disertai dengan munculnya keringat. Jumlah keringat yang keluar pun jauh lebih banyak dibandingkan keringat di siang hari.

Walaupun tidak terjadi pada semua pengidap TBC, berkeringat di malam hari juga bisa disertai dengan badan yang menggigil.

Baca Juga: Jangan Panik, Kenali 14 Penyebab Batuk Berdarah

5. Kulit pucat

Gejala lain dari TBC adalah kulit pucat. Keadaan ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Kondisi inilah yang membuat warna kulit pengidap TBC cenderung pucat.

Di Indonesia, pencegahan TBC yang utama adalah dengan mendapatkan vaksinasi BCG (Bacillus Calmette–Guérin) yang merupakan salah satu imunisasi wajib.

Pemberian vaksin ini dianjurkan pada anak berusia 0-2 bulan. Berikut langkah pencegahan untuk penderita TB aktif agar tidak menularkannya pada orang lain. 

  • Meminum obat TBC sesuai dengan petunjuk dokter dan berhenti mengonsumsinya ketika sudah dinyatakan sembuh oleh dokter.
  • Jangan keluar rumah, terutama selama beberapa minggu pertama pengobatan.
  • Isolasikan diri, misalnya tidak tidur sekamar dengan anggota keluarga lain.
  • Tutup mulut dengan tisu jika tertawa, bersin, atau batuk. Ketika membuang tisu, masukkan dalam kantong plastik dan ikat, lalu buang ke tempat sampah. 
  • Gunakan masker jika Anda berada di dekat orang lain, khususnya selama tiga minggu pertama pengobatan.
  • Pastikan ada pertukaran udara dalam ruangan. Pasalnya, kuman TBC lebih mudah menyebar di ruangan tertutup tanpa ventilasi udara yang baik. 

Selanjutnya: Sering Radang Tenggorokan? Kenali 5 Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News