HOME, Bugar

Ketahui 5 Cara Mencegah Penyebaran Infeksi Jamur Pada Kuku, Rawat Kuku Cantik Anda!

Ketahui 5 Cara Mencegah Penyebaran Infeksi Jamur Pada Kuku, Rawat Kuku Cantik Anda!

MOMSMONEY.ID - Infeksi jamur pada kuku merupakan salah satu masalah dari kesehatan kuku. Tentunya Anda merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut.

Melansir dari lifebuoy.co.id, infeksi jamur kuku akan menimbulkan beberapa gejala, yaitu kuku tampak lebih tebal dibandingkan kondisi kuku normal, warna kuku berubah menjadi kuning disertai bercak putih yang ukurannya membesar.

Kemudian, tekstur kuku menjadi kering dan rapuh sehingga mudah patah. Jamur Tinea unguium juga bisa menginfeksi kulit di sekitar kuku. Akibatnya, kulit di sekitar kuku akan tampak kering dan pecah-pecah. 

Namun, Anda tak perlu khawatir dengan infeksi jamur tersebut. Oleh karena itu, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah penyebaran infeksi jamur pada kuku dilansir dari lifebuoy.co.id, yaitu:

1. Mencuci tangan dan kaki secara teratur

Cara mencegah infeksi jamur pada kuku pertama adalah mencuci tangan dan kaki secara teratur dengan sabun antiseptik. Saat kuku tangan dan kaki terlihat kotor, ada baiknya Anda segera untuk mencucinya.

Hal ini agar kuman-kuman yang menempel tidak berkembang dan memperburuk kesehatan kuku Anda. Apalagi pada tangan, lakukan cuci tangan secara rutin sebelum Anda mengonsumsi makanan. 

2. Menggunting kuku

Selanjutnya, menggunting kuku juga cara mencegah penyebaran infeksi jamur. Kuku yang terlalu panjang akan membuat mikroorganisme penyebab penyakit mudah bersembunyi di sela-sela kuku. Usahakan untuk menggunting kuku setiap satu minggu sekali.

Baca Juga: Waktunya Liburan! Ketahui Cara Merawat Rambut Kering Saat di Pantai

3. Menjaga kuku tidak lembab

Cara mencegah infeksi jamur pada kuku selanjutnya adalah menjaga kuku tidak lembab. Jamur akan tumbuh saat kuku dalam keadaan lembab. Jangan lupa pula menjaga kebersihan sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu.

Gunakan produk desinfektan untuk membersihkan barang-barang tersebut secara teratur. Pastikan bahwa barang-barang pribadi tersebut sudah benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya kembali.

4. Memastikan keberishan alat manicure dan pedicure

Memastikan kebersihan alat manicure dan pedicure juga perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi jamur. Melakukan manicure dan pedicure memang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kuku. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat melakukan manicure dan pedicure di salon.

Jangan sampai peralatan manicure dan pedicure di salon menjadi media penularan jamur kuku. Atau sebaiknya Anda melakukan manicure dan pedicure di rumah dengan peralatan pribadi yang terjamin kebersihannya.

5. Menjaga kebersihan pakaian

Selain menjaga kebersihan alat manicure dan pedicure, Anda juga perlu menjaga kebersihan pakaian yang digunakan. Sebaiknya gunakana pakaian, kaos kaki, sarung tangan dan lain-lain dalam keadaan kering. Sebab, munculnya infeksi jamur bisa diakibatkan pakaian yang lembab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News