HOME, Bugar

Ketahui 5 Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Ketahui 5 Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

MOMSMONEY.ID - Ada beragam cara mengatasi susah buang air besar yang dapat Anda lakukan di rumah. Dengan demikian, rasa tidak nyaman akibat sembelit dapat segera teratasi. 

Susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu keluhan atau masalah pencernaan yang umum terjadi.

Penyebab sembelit bermacam-macam, mulai dari pola makan yang tidak sehat, kurang air putih, jarang bergerak atau olahraga, hingga kebiasaan sering menahan buang air besar.

Baca Juga: Catat! Inilah 4 Bahan Alami yang Bisa Meredakan Wasir

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa cara alami melancarkan buang air besar, antara lain: 

1. Perbanyak minum air putih

Cara alami melancarkan buang air besar yang pertama adalah memperbanyak minum air putih. Jarang minum air putih berisiko lebih tinggi alami konstipasi atau sembelit.

Ada baiknya untuk menghindari konsumsi minuman bersoda karena dapat memperburuk sembelit dan bahkan membahayakan kesehatan.

2. Menghindari kebiasaan menahan buang air besar

Cara alami melancarkan buang air besar yang kedua adalah menghindari kebiasaan menahan buang air besar. Sediakan waktu yang cukup untuk buang air besar.

Hindari terburu-buru apalagi menunda-nunda saat ingin buang air besar. Membentuk kebiasaan tersebut dapat membantu memperlancar buang air besar.

3. Mengonsumsi kopi berkafein

Cara alami melancarkan buang air besar yang ketiga mengonsumsi kopi berkafein. Diketahui jika minum kopi dapat membantu dalam meringankan sembelit.

Hal ini dapat terjadi karena kopi mampu merangsang otot-otot di sistem pencernaan. Bahkan, cara ini disebut-sebut lebih efektif dibandingkan mengonsumsi air putih.

Baca Juga: Kenali Sederet Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Abnormal

4. Rutin berolahraga

Cara alami melancarkan buang air besar yang keempat adalah rutin berolahraga. Sebab seseorang yang tidak banyak bergerak memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sembelit.

Saat berolahraga, tinja di pencernaan dapat bergerak dan akhirnya mampu dikeluarkan dari tubuh. Meski begitu, hal ini tidak ampuh terjadi pada semua orang. 

5. Menggunakan garam epsom

Cara alami melancarkan buang air besar yang terakhir adalah menggunakan garam epson. Garam Epsom atau garam inggris juga bisa mengatasi susah buang air besar.

Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom jika dilarutkan dalam air dapat mengatasi sembelit jangka pendek.

Jika sembelit sudah berlangsung lama atau jika cara di atas tidak berhasil, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News