Keluarga

Ketahui 5 Aturan Pemakaian Retinol yang Benar Sebelum Mencobanya

Ketahui 5 Aturan Pemakaian Retinol yang Benar Sebelum Mencobanya

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 aturan pemakaian retinol yang benar dan wajib Anda ketahui sebelum mencoba retinol.

Retinol merupakan salah satu bahan aktif skincare yang dianggap ajaib. Pasalnya, retinol menyimpan banyak manfaat yang luar biasa untuk kulit terutama dalam hal mengatasi tanda-tanda penuaan.

Kendati begitu, retinol harus dipakai dengan tepat guna mencegah efek samping yang merugikan kulit, seperti iritasi dan kemerahan.

Bagi Anda yang baru mau mulai menggunakan retinol, ada 5 aturan pemakaian retinol yang benar dan wajib Anda ketahui agar hasilnya maksimal dan tidak mengiritasi kulit. Melansir laman Klinik Estetika dr. Affandi, berikut penjelasannya:

Baca Juga: 8 Tanda Terlalu Banyak Makanan Pedas, Salah Satunya Jerawatan!

1. Gunakan retinol secara bertahap dan secukupnya

Aturan pemakaian retinol yang benar pertama yaitu menggunakan retinol secara bertahap dan secukupnya.

Pada saat menggunakan skincare, sebagian orang beranggapan bahwa semakin banyak jumlah skincare yang digunakan maka akan semakin bagus dan cepat hasilnya. Padahal, tidak semua produk skincare sama, salah satu contohnya adalah skincare yang mengandung retinol.

Ketika menggunakan retinol, Anda tidak perlu menggunakannya secara berlebihan untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal. Sebaiknya, penggunaan retinol dimulai dari konsentrasi rendah, terutama jika Anda baru pertama kali mencobanya.

Bagi pemula, disarankan untuk menggunakan retinol sebanyak 3 kali saja dalam seminggu. Setelah kulit Anda terbiasa menggunakan retinol, Anda bisa meningkatkan konsentrasinya dengan menambah jumlah hari pemakaian retinol sampai kulit Anda benar-benar terbiasa dan mampu menerima retinol sepanjang hari.

2. Pastikan kulit dalam keadaan kering

Aturan pemakaian retinol yang benar kedua yaitu memastikan kulit dalam keadaan kering.

Dalam menerapkan rutinitas skincare, dianjurkan untuk menggunakan produk saat kulit masih lembab atau sesaat setelah mencuci muka. Karena, kondisi tersebut akan mempermudah proses penyerapan bahan-bahan skincare ke dalam kulit.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk penggunaan retinol. Ketika retinol dipakai saat kulit wajah masih basah karena terkena air atau hydrating toner, itu dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit menjadi kering.

Untuk mengurangi risiko iritasi, sebaiknya gunakan retinol pada saat kulit Anda kering dan pakai dengan menggunakan metode sandwich seperti berikut:

Step 1 :  aplikasikan pelembab

Step 2 :  aplikasikan retinol

Step 3 :  tunggu beberapa saat, setelah itu aplikasikan pelembab kembali

3. Gunakan retinol pada malam hari

Aturan pemakaian retinol yang benar ketiga yaitu menggunakan retinol pada malam hari.

Hasil riset yang dilakukan oleh International Journal of Pharmaceutics pada tahun 2015 menemukan bahwa produk skincare berbahan retinol adalah photolabile.

Artinya, kandungan ini bisa pecah atau rusak ketika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Maka dari itu, retinol disarankan untuk digunakan pada malam hari alih-alih pagi atau siang hari.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

4. Jangan gabungkan retinol dengan kandungan skincare tertentu

Aturan pemakaian retinol yang benar keempat yaitu tidak menggabungkan retinol dengan kandungan skincare tertentu.

Sebelum mencampurkan retinol dengan bahan skincare lainnya, Anda wajib tahu bahan apa saja yang tidak boleh digunakan dalam satu waktu bersamaan dengan retinol.

Produk apapun yang mengandung retinol tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan dengan produk eksfoliasi maupun yang mengandung benzoil peroksida. Contoh kandungan dalam produk eksfoliasi yang tidak boleh digabungkan dengan retinol adalah alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Apabila Anda nekat mencampurkan retinol dengan salah satu kandungan tersebut, itu akan berisiko menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, dan iritasi.

5. Jangan pakai retinol saat hamil

Aturan pemakaian retinol yang benar terakhir yaitu tidak memakai retinol saat hamil.

Tidak semua bahan skincare aman untuk dipakai selama proses kehamilan. Dan, retinol termasuk salah satu bahan skincare yang sangat tidak disarankan untuk digunakan selama masa kehamilan.

Sebagaimana termuat dalam studi terbitan Birth Defect Research pada tahun 2020, penggunaan skincare berbahan retinol selama masa kehamilan berisiko mengganggu tumbuh kembang janin.

Tak sampai di situ, ada juga risiko lainnya seperti bayi mengalami cacat, kelainan bentuk janin, dan bahkan kematian janin. 

Nah, itulah 5 aturan pemakaian retinol yang benar dan wajib Anda ketahui. Jangan lupa diterapkan supaya hasilnya maksimal dan tidak mengiritasi kulit. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News