Bugar

Ketahui 4 Penyebab Kulit Kering dan Mengelupas di Sini

Ketahui 4 Penyebab Kulit Kering dan Mengelupas di Sini

MOMSMONEY.ID - Saat kulit mengalami masalah seperti, kulit kering dan mengelupas tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Sebelum merawatnya dengan benar, kenali beberapa penyebab kulit kering dan mengelupas terlebih dahulu. Melansir dari natur-e.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

Kulit Wajah Mengelupas

1. Berkurangnya Produksi Sebum

Penyebab pertama kulit kering dan mengelupas adalah berkurangnya produksi sebum. Genetika dapat meningkatkan risiko mengalami kulit kering dan meningkatkan peluang terkena eksim. Kemudian, pengaruh hormon dan pertambahan usia membuat kulit menghasilkan lebih sedikit sebum dan membuat kulit makin kering.

2. Banyak Beraktivitas di Bawah Terik Matahari

Penyebab kulit kering dan mengelupas selanjutnya adalah banyak beraktivitas di bawah terik matahari. Walaupun paparan sinar matahari memberikan sumber vitamin D, tetapi itu hanya terjadi pagi hari dan tidak berlangsung lama. Paparan sinar matahari yang terik dan berlebihan bisa memicu kerusakan kulit, termasuk kering.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit Mandiri, Manfaatkan Diskon Hotel & Tiket Pesawat hingga Rp 200.000

3. Paparan Bahan Kimia

Selain sinar matahari, paparan bahan kimia juga bisa menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Kulit kering bisa berasal dari kebiasaan sehari-hari. Mulai dari penggunaan sabun, deterjen baju, sabun cuci piring, hingga hand sanitizer bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Pilih produk dengan formula lembut untuk mencegah kulit kering mengelupas.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Penyebab kulit kering dan mengelupas lainnya adalah efek samping obat-obatan. Selain bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan, kulit kering juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Asam salisilat yang dapat mengatasi jerawat, memiliki efek samping mengeringkan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News