HOME, Bugar

Ketahui 4 Masker Alami yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Ketahui 4 Masker Alami yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit sensitif dan berjerawat membutuhkan perhatian yang lebih untuk merawatnya. Tapi walaupun kulit Anda sensitif dan berjerawat, Anda masih tetap bisa merawatnya dan membuat kulit menjadi glowing.

Salah satunya dengan menggunakan masker berbahan alami. Kulit sensitif memang cukup rentan mengalami iritasi yang disebabkan oleh beberapa bahan yang memicu peradangan, gatal-gatal dan berjerawat.

Oleh karena itu, ada beberapa masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Ada apa saja, ya? Yuk, cari tahu di bawah ini: 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya

Masker alami yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat pertama adalah lidah buaya. Bahan alami ini memang telah lama dipercaya untuk bahan baku perawatan tubuh dan rambut. Melansir dari mamaschoice.id, Lidah buaya dipercaya menjadi antibakteri dan pengobatan jerawat yang efektif.

Walaupun prosesnya tidak cepat, lidah buaya memiliki risiko iritasi yang kecil sehingga banyak orang yakin menjadikan produk yang mengandung lidah buaya sebagai skincare untuk mengatasi jerawat mereka.

Anda bisa memilih bahan masker yang terbuat dari lidah buaya atau meracik lidah buaya sendiri di rumah. 

2. Yogurt

Yogurt

Masker yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat selanjutnya adalah yogurt. Yogurt mengandung asam laktat yang membentu menennagkan kulit dan sebagai probiotik yang dapat menyembuhkan kulit sensitif.

Cara membuat masker dari yogurt cukup mudah yaitu oleskan 1 cangkir yogurt pada wajah selam 15-20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan wajah. 

Baca Juga: Ketahui 4 Bahan Aktif yang Bisa Mengatasi Hiperpigmentasi Karena Jerawat

3. Mentimun

Mentimun

Mentimun memiliki sensasi dingin saat dioleskan ke wajah Anda. Saat kulit sensitif meradang, masker mentimun bisa menjadi solusi yang tepat. Melansir dari mamaschoice.id, Mentimun memiliki sifat antiinflamasi, mengandung antioksidan serta vitamin C dan asam folat. 

Selain itu, mentimun juga memiliki 96% air sehingga mampu melembabkan sekaligus menenangkan kulit wajah Anda.

Selanjutnya, mentimun juga mampu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori untuk mencegah jerawat. Oleskan mentimun yang sudah dihaluskan ke wajah Anda, diamkan selama 15 menit dan bersihkan wajah hingga bersih. 

4. Oatmeal

Ilustrasi kesehatan oatmeal

Masker yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat lainnya adalah masker oatmeal. Melansir dari id.theasianparent.com. Oatmeal mengandung anti bakteria yang bisa mengatasi munculnya jerawat.

Kemudian, oatmeal juga mengandung anti oksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kandungan polysaccharides di dalam oatmeal bisa mengencangkan kulit Anda. Jika Anda memiliki madu di rumah, Anda bisa mencampurkan oatmeal dan madu menjadi masker alami.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu seduh 1 sdm oatmeal tawar. Lalu, campurkan 1-2 sdt madu dan aduh merata. Oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selam 10-20 menit. Setelah masker mengering, bersihkan masker dengan air hingga bersih dan keringkan wajah. 

Selanjutnya: Ketahui Perbedaan Physical Exfoliation & Chemical Exfoliation, Sudah Tahu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News