HOME, Bugar

Ketahui 4 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit

Ketahui 4 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Kopi adalah salah satu minuman yang sangat populer untuk semua kalangan. Dibalik nikmatnya minuman kopi, terdapat berbagai manfaat baik untuk kecantikan kulit Anda.

Kopi mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, kopi dipercaya dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan mengurangi kehilangan air transepidermal.

Untuk lebih jelasnya, berikut khasiat kopi untuk kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dilansir dari harpersbazaar.co.id: 

Srub wajah

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Kopi bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kopi mengandung sejumlah antioksidan, termasuk polifenol yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar UV adalah salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dan kerusakan kulit. 

Walaupun kopi dapat melindungi kulit dari sinar UV,  bukan berarti Anda melupakan penggunaan produk sunscreen. Tetap harus gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. 

2. Menyamarkan selulit

Selanjutnya, kopi dapat membantu menyamarkan tampilan selulit. Hasil studi kecil tahun 2011 dalam International Journal of Cosmetic Science, membuktikan kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi tampilan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Dengan menggunakan produk berbahan kopi, tampilan selulit yang dimiliki secara perlahan dapat memudar. 

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Utama Jahe

3. Menghaluskan kulit

Manfaat kopi untuk kecantikan kulit berikutnya yaitu dapat menghaluskan dan meratakan warna kulit. Kopi memang sudah lama dipercaya bisa digunakan sebagai scrub. Scrub berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Sehingga scrub berbahan kopi dapat membuat kulit terasa lebih halus dan warna kulit tampak merata. 

Selain itu, sebuah hasil penelitian tahun 2013 dalam jurnal Analytical Methods, menyatakan bahwa senyawa dalam kopi seperti caffeic acid dan antioksidan dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini, yang bisa meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

4. Mengatasi mata bengkak dan dark circles

Selain menghaluskan kulit, kopi juga bisa mengatasi mata bengkak dan menyamarkan dark circles di bawah mata. Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah, yang bisa mengatasi mata bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News