HOME, Bugar

Ketahui 4 Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah di Malam Hari

Ketahui 4 Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi wajah berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah Anda. Jika sel kulit mati menumpuk, maka akan menyebabkan kulit Anda menjadi kusam dan bisa memunculkan masalah kulit wajah lainnya.

Kini, produk-produk eksfoliasi memiliki banyak jenisnya seperti physical exfoliation dan chemical exfoliation. Pemilihan jenis eksfoliasi tergantung dengan jenis kulit wajah yang Anda miliki. Melansir dari journal.kleiandclay.com, inilah empat manfaat eksfoliasi untuk wajah yang harus Anda tahu, yaitu: 

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat eksfoliasi wajah pertama yaitu mengatasi masalah jerawat. Melakukan eksfoliasi untuk mengatasi jerawat bisa dilakukan oleh semua jenis kulit kecuali kulit sensitif.

Biasanya, jerawat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori dan minyak yang berlebih di wajah. Dengan mengeksfoliasi, kotoran dan minyak akan dihilangkan dari akarnya sehingga wajah Anda akan menjadi lebih bersih, jerawat pun akan berkurang.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh Buat Atasi Masalah Jerawat

2. Mengecilkan Pori-Pori

Anda yang memiliki masalah pori-pori besar, dapat diatasi dengan melakukan eksfoliasi. Hal tersebut disebabkan karena pori-pori wajah akan mencoba untuk mengakomodasi kotoran dan sel kulit mati di wajah tersebut.

Makanya, dengan mengeksfoliasi wajah Anda akan membantu membasmi kotoran dan sel kulit mati tersebut sehingga pori-pori Anda pun ikut mengecil.

3. Wajah Cerah dan Lembut

Manfaat eksfoliasi wajah selanjutnya adalah wajah menjadi cerah dan lembut. Saat Anda mengeksfoliasi kulit wajah, sebaiknya Anda melakukannya dengan gerakan melingkar. Gerakan ini akan membantu melancarkan peredaran darah di daerah muka yang nantinya akan membantu Anda mendapatkan wajah lebih cerah, lembut, dan mencegah penuaan dini. 

4. Membantu Penyerapan Skincare Lain

Manfaat eksfoliasi wajah lainnya adalah bisa membantu penyerapan skincare lain. Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah, sehingga produk skincare lain yang Anda gunakan akan terserap lebih baik. 

Sebaiknya lakukan eksfoliasi pada malam hari setelah Anda beraktivitas. Walaupun memiliki manfaat yang baik untuk kulit, tetapi melakukan eksfoliasi tidak boleh setiap hari. Disarankan Anda melakukannya 1-2 kali dalam seminggu. Sehingga kulit wajah Anda tidak menjadi tipis dan malah akan memunculkan masalah baru. 

Selanjutnya: Menghaluskan Kulit, Ketahui 4 Manfaat Masker Jagung untuk Perawatan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News