HOME, Bugar

Ketahui 4 Makanan Sumber Kolagen Alami untuk Wajah

Ketahui 4 Makanan Sumber Kolagen Alami untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Selain merawat kulit dengan produk-produk skincare, Anda juga perlu merawat kulit dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan bergizi. Ada beberapa makanan yang memiliki sumber kolagen alami.

Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan kecantikan kulit. Melansir dari cleanandclear.co.id, inilah empat makanan sumber kolagen alami untuk wajah, yaitu: 

1. Wortel

Wortel

Makanan sumber kolagen alami pertama adalah wortel. Wortel memiliki manfaat baik untuk mata karena mengandung vitamin A dan vitamin C di dalamnya. Selain untuk mata, wortel juga sangat baik untuk kulit. 

Kedua vitamin tersebut, dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Sehingga, meningkatkan produksi kolagen secara alami. Wortel juga bisa mengurangi produksi sebum yang berlebih sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan cerah.

2. Ubi

Ubi jalar

Selanjutnya, makanan sumber kolagen alami yaitu ubi. Dikenal sebagai salah satu makanan pengganti nasi, ubi yang banyak mengandung karbohidrat ini juga bisa meningkatkan fungsi kolagen secara alami. Di dalam ubi, terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E yang dapat menjaga elastisitas dan memperbaiki tekstur kulit wajah

Baca Juga: Kulit Awet Muda! Inilah 4 Manfaat Kandungan Retinol untuk Wajah

3. Alpukat

Alpukat

Makanan sumber kolagen alami selanjutnya adalah alpukat. Alpukat sudah sering sekali digunakan sebagai bahan utama bagi kesehatan dan kecantikkan. Salah satunya, untuk masker wajah dan hair mask.

Alpukat mengandung vitamin C, vitamin E, dan lemak tak jenuh yang baik untuk antioksidan menangkal sinar ultraviolet. Kemudian, kandungan lutein di dalam alpukat dapat membantu kadar air bagi kulit menjadi lebih baik.

4. Ikan 

Ikan

Makanan sumber kolagen alami lainnya yaitu ikan. Ikan mengandung zat zinc yang cukup tinggi dan juga kandungan Omega 3. Kedua kandungan tersebut, dapat membantu peningkatan kolagen dan juga mencegah radikal bebas yang bisa mengganggu perkembangan kolagen. Ikan memang sudah sering dikonsumsi untuk merawat kesehatan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News