Bugar

Ketahui 4 Kebiasaan yang Membuat Kulit Wajah Kering

Ketahui 4 Kebiasaan yang Membuat Kulit Wajah Kering

MOMSMONEY.ID - Kulit kering menjadi tanda bahwa kulit sedang tidak sehat. Tanpa disadari kebiasaan ini bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Kulit kering tentunya bisa menjadi masalah yang cukup besar, karena bisa menyebabkan kulit kusam, tidak terasa kenyal, dan bisa memunculkan tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari dan memberi jeda untuk kulit bernafas lagi. Melansir dari garnier.co.id, berikut kebiasaan yang membuat kulit wajah kering, yaitu: 

1. Penggunaan pemanas air dan AC

Kebiasaan membuat kulit wajah kering pertama adalah penggunaan pemanas air dan AC. Jika Anda sering mandi menggunakan air yang terlalu panas, maka bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah dapat menimbulkan kerutan.

Walaupun air hangat membuat tubuh rileks, sebaiknya jangan dilakukan setiap hari. Selain air panas, penggunaan pendingin ruangan (AC) yang terlalu lama juga akan membuat kulit mengalami dehidrasi, sehingga kelembapan kulit berkurang.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bleaching Rambut dengan Benar, Cobain Yuk!

2. Penggunaan sabun dan deodoran berlebihan

Kebiasaan membuat kulit wajah kering selanjutnya adalah penggunaan sabun dan deodoran berlebihan. Penggunaan kedua produk ini secara berlebihan atau tidak cocok jenisnya akan menghilangkan lapisan lemak dan air dari kulit. Sehingga, pentingnya untuk Anda mengetahui jenis kulit kita dan pilih pembersih yang mengandung minyak sehingga tetap dapat menjaga kelembapan kulit.

3. Memulas makeup 

Selanjutnya, kebiasaan yang bisa membuat kulit wajah kering yaitu terlalu sering memulas make up. Menggunakan make up yang bertumpuk-tumpuk akan semakin menutup pori-pori wajah, sehingga kulit sulit bernapas dan mengalami dehidrasi karena kelembapannya berkurang. 

4. Tidur dengan Lampu Menyala

Kebiasaan membuat kulit wajah kering lainnya adalah tidur dengan lampu menyala. Tidur malam hari dengan tidak mematikan lampu, cenderung akan membuat kulit wajah terlihat kusam. Penyebabnya adalah tidak maksimalnya produksi kolagen dalam tubuh karena efek cahaya yang ada.

Selain itu, cahaya yang ada akan membuat tidur tidak nyenyak dan membuat kulit wajah lebih lelah sehingga dapat mengakibatkan penuaan dini. Sebaiknya, tidurlah dengan lampu yang redup ataupun gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News