Bugar

Ketahui 4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Sensitif, Apa Saja?

Ketahui 4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Sensitif, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Setiap jenis kulit membutuhkan kandungan skincare yang berbeda-beda, salah satunya kulit sensitif. Menentukan kandungan skincare untuk kulit sensitif memang cukup sulit karena wajah jadi mudah mengalami breakout dan iritasi.

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa kandungan skincare yang cocok untuk kulit sensitif dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Shea Butter

Kandungan skincare pertama untuk kulit sensitif adalah shea butter. Kandungan ini memiliki tekstur yang menyerupai krim diyakini mampu melembapkan dan menjaga lapisan pelindung kulit (skin barrier), teruntuk bagi pemilik kulit sensitif.

Asam lemak yang kaya Vitamin A dan Vitamin E pada shea butter dipercaya mampu memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat sinar UV, sehingga permukaan wajah jadi lembut, halus, dan kenyal.

2. Allantoin

Kandungan skincare untuk kulit sensitif selanjutnya adalah allation. Mungkin cukup terdengar asing, allantoin ini ternyata bisa menetralisir efek samping akibat kesalahan pemakaian skincare. Allantoin adalah ekstrak akar tanaman comfrey bersifat non-iritasi yang mampu menenangkan dan melindungi kulit.

Selain itu, Allantoin juga dapat merangsang regenerasi sel kulit, dan mampu mengurangi pengelupasan dan kemerahan di wajah. Dengan mengetahui kemampuannya, allantoin bisa Anda masukkan ke dalam rangkaian skincare routine apabila tipe kulit Anda sensitif.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kecantikan Kulit di Sini

3. Hyaluronic Acid

Berikutnya, kandungan hyaluronic acid cocok digunakan untuk kulit sensitif. Senyawa alami pada Hyaluronic Acid memang dapat ditemukan secara alami di rambut maupun kulit. Namun,hyaluronic acid juga kerap ada pada produk kecantikan dengan klaim melembapkan.

Hal ini karena Hyaluronic Acid mempunyai kemampuan dalam mempertahankan molekul air hingga 1000 kali. Hasilnya, wajah menjadi kenyal, lembut, lembap, dan terbebas dari iritasi. Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung hyaluronic acid di dalamnya untuk merawat kulit sensitif. 
4. Niacinamide

Kandungan skincare untuk kulit sensitif lainnya adalah niacinamide. Kandungan niacinamide atau turunan Vitamin B3 bisa berfungsi meregenerasi sel kulit dan mengurangi kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu, sifat antioksidannya juga bantu melembapkan, meredakan kemerahan dan peradangan, dan menenangkan kulit iritasi, serta cocok digunakan bagi tipe kulit sensitif yang ingin meredakan masalah jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News