HOME, Bugar

Ketahui 4 Kandungan Skincare yang Cocok Bagi Pemilik Kulit Kering

Ketahui 4 Kandungan Skincare yang Cocok Bagi Pemilik Kulit Kering

MOMSMONEY.ID - Pemilik kulit kering tentu perlu hati-hati dalam memilih kandungan skincare. Masalah kulit kering yang sering dialami adalah kulit terasa tertarik, bersisik, dan sering kali terasa gatal. Walau terlihat halus, namun saat disentuh, kulit akan terasa kasar. 

Kulit kering rentan mengalami penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, kulit kering cenderung terlihat kusam dan tidak glowing karena nyaris tidak memiliki minyak alami di kulit. 

Oleh karena itu, pentingnya untuk memilih kandungan skincare yang tepat untuk merawat kesehatan kulit kering. Melansir dari loreal-paris.co.id, berikut kandungan skincare yang cocok untuk kulit kering, yaitu: 

1. Ceramides

Kandungan skincare untuk kulit kering pertama adalah ceramides. Ceramides yaitu asam lemak yang termasuk bagian dari stratum corneum atau yang biasa disebut dengan skin barrier. Ceramides berperan seperti lem yang mengikat sel-sel kulit sehingga skin barrier berfungsi optimal.

Pada kulit yang kering bahkan super kering biasanya memiliki skin barrier yang tidak berfungsi optimal bahkan rusak. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih produk skincare yang mengadung ceramides di dalamnya untuk memperbaiki kondisi kulit. 

2. Hyaluronic Acid

Selanjutnya, hyaluronic acid juga termasuk kandungan skincare yang cocok untuk kulit kering. Hyaluronic acid sebenarnya diproduksi oleh tubuh, namun jumlah semakin berkurang saat usia bertambah. 

Berupa humektan, hyaluronic acid dapat menahan beban sampai 1.000 kali beratnya sendiri di air. Kemampuannya membuat kandungan skin care untuk kulit kering ini andal untuk menghidrasi lapisan kulit dan permukaan kulit. 

Skincare

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Almond Oil untuk Kesehatan Rambut

3. Petrolatum

Kandungan skincare untuk kulit berikutnya adalah petrolatum atau petroleum jelly. Kandungan skincare ini bersifat oklusif yang sangat efektif mencegah trans-epidermal water loss sampai 98 persen.

Namun teksturnya yang berat dan berminyak cenderung menyumbat pori-pori, sehingga tidak cocok digunakan oleh kulit yang berminyak. Namun untuk kulit kering dan kulit kering sekali, petrolatum sangat membantu untuk menjaga kelembapannya, terutama saat kulit pecah-pecah dan iritasi.

4. Glycerin

Kandungan skincare untuk kulit kering lainnya yaitu glycerin. Glycerin terdiri dari humektan dan emolien, glycerin adalah bahan yang mengisi celah dan retakan di permukaan kulit sehingga kulit terasa lembut dan lembap.

Glycerin terdapat di hampir semua produk skin care, hair care, dan makeup, sehingga menjadi bahan pelembap yang paling umum digunakan di dunia kecantikan. Jika dulu glycerin terbuat dari hewan dan fosil, maka sekarang glycerin sudah terbuat dari tumbuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News