HOME, Bugar

Ketahui 4 Jenis dan Penyebab Terjadinya Perubahan Warna Kulit Wajah

Ketahui 4 Jenis dan Penyebab Terjadinya Perubahan Warna Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Kulit wajah dapat mengalami perubahan warna yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Perubahan warna kulit wajah memberikan efek negatif pada kulit, contohnya bisa mengurangi penampilan wajah dan berpengaruh pada kesehatan kulit.

Perubahan warna kulit wajah hampir sering dialami oleh banyak orang. Apa saja jenis dan penyebabnya? Berikut jenis dan penyebab perubahan warna kulit wajah dilansir dari id.oriflame.com, yaitu: 

1. Kulit Terlihat Kusam atau keabu-abuan

Jenis dan penyebab perubahan warna kulit wajah pertama adalah kulit kusam atau keabu-abuan. Penampilan wajah kulit kusam seperti Anda yang kurang tidur atau sedang mengalami stres.

Jika tampilan kulit Anda kurang lebih seperti ini, mungkin disertai juga dengan kurangnya kelembapan, tekstur kulit yang terasa kasar, serta sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Masalah kulit kusam bisa disebabkan oleh berkurangnya energi pada sel kulit, stres yang meningkat, dan produksi kolagen yang tidak optimal.

Baca Juga: Ikuti 4 Cara Ini untuk Menghilangkan Dark Spot, Cukup dengan Madu!

2. Bintik Hitam

Jenis dan penyebab perubahan warna kulit wajah selanjutnya yaitu bintik hitam. Perubahan warna kulit seperti bintik hitam disebabkan oleh produksi melanin berlebih akibat stres, paparan sinar terhadap sinar UV, polutan, atau penuaan. Namun, salah satu penyebab yang paling umum adalah paparan terhadap sinar UV yang berlebihan.

Agresor seperti sinar matahari berpotensi menimbulkan stres oksidatif pada kulit, sehingga sel-sel kulit terpicu untuk memproduksi lebih banyak melanin untuk melindungi sel dari bahaya.

Produksi melanin akibat paparan sinar matahari adalah hal yang sangat normal, tubuh Anda hanya berproses untuk melindungi Anda dari matahari. Namun, ketika tubuh terekspos dengan agresor seperti sinar matahari, produksi melanin bisa melebihi batas normal dan menyebabkan timbulnya bintik hitam.

3. Kemerahan

Kulit kemerah juga tanda perubahan warna kulit wajah yang dialami banyak orang. Masalah ini disebabkan oleh inflamasi yang tidak terkendali akibat stres, paparan sinar UV berlebih, polutan, proses pembersihan yang terlalu keras, atau pola makan yang kurang seimbang.

Sebenarnya masalah ini merupakan sinyal dari kulit Anda yang berusaha menyampaikan bahwa terdapat hal-hal yang mengganggu diri atau tubuh Anda.

Mungkin sulit untuk menentukan penyebab kemerahan pada kulit dengan tepat, tetapi hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengamati gaya hidup saat ini dan mulai menggunakan perawatan kulit yang tepat.

4. Kekuningan 

Jenis dan penyebab perubahan warna kulit wajah lainnya adalah kekuningan. Kulit yang tampak pucat dengan adanya bercak keuningan biasanya disebabkan oleh tekanan darah yang cenderung rendah, inflamasi dan stress oksidatif.

Stres oksidatif dapat mengarah pada proses yang bernama glikasi, di mana gula yang tidak tercerna melekat pada molekul seperti keratin dan kolagen dalam tubuh Anda. Hasil dari proses glikasi dapat menimbulkan endapan kuning kecokelatan, sehingga membuat warna kulit tampak kekuningan dan tidak merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News