HOME, Bugar

Ketahui 4 Fakta Tentang Pori-Pori Wajah di Sini

Ketahui 4 Fakta Tentang Pori-Pori Wajah di Sini

MOMSMONEY.ID - Pori-pori yang besar cukup mengganggu penampilan wajah. Kini, banyak cara yang dilakukan agar bisa mendapatkan pori-pori yang tidak besar. Bisa melalui perawatan mandiri menggunakan produk skincare hingga perawatan ke klinik kecantikan.

Pori-pori kulit sendiri adalah folikel atau kantung kecil tempat akar rambut tumbuh. Mungkin banyak hal-hal yang masih Anda jarang ketahui mengenai pori-pori di kulit ini. Yuk, cari tahu fakta tentang pori-pori wajah di sini yang sudah dirangkum dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Jumlah pori-pori 

Fakta tentang pori-pori pertama yaitu jumlah pori-pori sangat banyak. Pori-pori terdapat di seluruh area kulit, kecuali bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Menurut para ahli, lubang-lubang kecil di kulit berfungsi sebagai jalan keluar minyak, keringat, dan zat-zat sisa metabolisme tubuh, dan jumlahnya diperkirakan lebih dari 2 miliar.

2. Pori-pori bisa membesar

Selanjutnya, fakta tentang pori-pori yaitu pori-pori bisa membesar. Ternyata, pori-pori memiliki sifat elastis. Oleh karena itu, makin banyak minyak yang keluar dari kulit, ukuran pori-pori akan semakin membesar. Pori-pori juga akan makin terbebani bila tertutup oleh kotoran dan sel-sel kulit mati, akibat dari jarang membersihkan kulit wajah.

Baca Juga: Kulit Terasa Lembab, Inilah 5 Manfaat Sea Buckthorn untuk Wajah

Sehingga banyak orang yang ingin mengecilkan pori-pori wajah agar masalah jerawat tidak muncul. Anda harus menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang efektif, dan meminimalisir faktor-faktor pemicu hadirnya jerawat, termasuk menyentuh wajah menggunakan tangan secara langsung. Jika pori-pori lebih bersih dari minyak dan jerawat, maka ukurannya pun dapat lebih mudah mengecil. 

3. Tampilan pori-pori dipengaruhi usia

Fakta tentang pori-pori wajah selanjutnya adalah tampilan pori-pori dipengaruhi usia. Saat usia bertambah, ternyata elastisitas kulit di usia dewasa tak lagi sebaik di usia anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, Anda perlu merawat kulit dengan baik sejak dini, agar pori-pori besar tidak menjadi masalah yang berat. 

4. Suhu air mempengaruhi pori-pori

Fakta tentang pori-pori wajah lainnya yaitu suhu air bisa mempengaruhi pori-pori kulit. Air hangat dapat membuka pori-pori wajah, sedangkan air dingin bisa mengecilkan kembali pori-pori. Saat Anda ingin membersihkan wajah, sebaiknya tepuk-tepuk lembut permukaan wajah menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat.

Kemudian, setelah selesai membersihkan wajah, dilanjutkan dengan menepuk-nepuk wajah dengan handuk lembut yang sudah direndam dengan air es agar pori-pori wajah bisa mengecil kembali. Dengan melakukan dua hal tadi secara rutin sebelum membersihkan wajah, proses pembersihan wajah yang Anda lakukan bisa lebih efektif. 

Selanjutnya: Gunakan Minyak Alami, Pahami 3 Cara Mengatasi Bulu Mata yang Rontok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News