CLOSE [X]
ads

Ketahui 4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Stres

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Ketahui 4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Stres


MOMSMONEY.ID - Stres bisa menjadi penyebab rambut anda semakin rontok. Namun, tingkatan stres yang diakibatkan juga berbeda, tergantung seberapa berat anda menyikapinya. Melansir dari dove.com,ada  beberapa jenis kerontokan rambut akibat stress:

1.  Telogen Effluvium. Tingkat stres tinggi menyebabkan salah satu jenis kerontokan rambut yang disebut telogen effluvium. Ini adalah kerontokan rambut secara mendadak atau dalam waktu yang cepat karena adanya stres tinggi. Pada fase telogen inilah stres ikut andil dalam memperparah kerontokan rambut. 

2.  Alopecia Areatat. Tingkat stres ini menyebabkan timbulnya gangguan autoimun. Imunitas tubuh menyerang folikel rambut dan menyebabkannya menjadi rusak atau terhambat dalam menumbuhkan rambut.

3.  Trichotillomania. Trichotillomania adalah kelainan/kebiasaan menarik-narik rambut karena mengalami tingkat stres tinggi, kecemasan berlebihan, frustasi, depresi, atau kebosanan akut. Tidak hanya rambut yang kerap dicabut, bahkan mencabut alis dan bulu mata juga.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Anti-Aging Lokal Terbaik yang Bisa Anda Coba untuk Cegah Penuaan

Oleh karena itu, berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat stres yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Mengelola Stres Anda

Cara mengatasi rambut rontok akibat stres yang pertama yaitu mengelola stres anda. Mulai mencari tahu dulu sumber stres anda dari mana, lakukan "me time" sekitar 10-15 menit setiap hari. Selanjutnya, anda bisa memikirkan cara mengelola stres anda. Anda juga dapat berkonsultasi sumber stres kepada orang terdekat atau orang yang lebih ahli.

2. Mencari Kegiatan yang Meningkatkan Mood

Anda juga bisa mencari kegiatan yang dapat meningkatkan mood seperti menonton film, membaca buku, staycation, perawatan rambut ke salon dan lain-lain. Dengan cara meningkatkan mood, maka stres anda dapat mereda. Sehingga anda bisa mengelola stres anda selanjutnya dengan baik. 

3. Melakukan Dry Massage Routine

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya yaitu melakukan dry massage routine. Anda bisa melakukan dry massage pada kulit kepala sebelum keramas agar sirkulasi darah lancar dan rambut lebih kuat. Atau lakukan pijatan lembut di tubuh dan creambath di salon. Keduanya bisa membantu anda untuk makin rileks dan tenang. Sehingga, dapat membantu untuk menyeimbangkan tingkat stres dalam keseharian.

4. Memilih Produk Shampo dan Kondisioner Yang Tepat

Selain mengelola stres, anda dapat memilih produk shampo dan kondisioner yang tepat. Telah banyak produk shampo dan kondisoner yang diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok. Salah satunya anda dapat menggunakan produk shampo dengan kandungan vegan biotin dan sun kissed mandarin yang membuat anda lebih rileks saat keramas. 

Itulah empat cara mengatasi rambut rontok akibat stres. Anda juga bisa menambahkan vitamin rambut setelah keramas agar akar rambut tetap kuat dan tumbuh lebat kembali. Selamat mencoba, moms!

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berjerawat, Harga Bersahabat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru