Bugar

Ketahui 4 Cara Mencegah Kulit Kering pada Tangan, Cobain Yuk!

Ketahui 4 Cara Mencegah Kulit Kering pada Tangan, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Kulit tangan memang cukup jarang dirawat jika dibandingkan dengan kulit wajah. Namun, tidak ada salahnya Anda mulai lebih memperhatikan kulit bagian tangan.  Apalagi di masa pandemi Covid-19, Anda tentu selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

Sabun bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering. Agar terhindar dari kulit kering pada tangan, simak cara mencegahnya di bawah ini yang dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

1. Hindari Sabun yang Membuat Kulit Kering

Cara mencegah kulit kering pertama adalah hindari sabun yang membuat kulit kering. Rutin mencuci tangan bisa menghilangkan kelembapan alami kulit sensitif. Yang mana saat ini, Anda pasti sering melakukan cuci tangan. Oleh karena itu, hindari sabun yang formulanya dilengkapi dengan wewangian sintetis, pengawet, dan sulfat.

Hal ini dikarenakan formula tersebut bisa membuat kulit tangan menjadi kering. Melansir dari situs Healthline, sebaiknya Anda harus menjauhi sabun batangan yang memiliki pH tinggi. Sebagai gantinya, pilih sabun cair atau konsistensi creamy yang tidak terlalu mengeringkan kulit.

2. Hindari Hot-Air Dryer

Cara mencegah kulit kering selanjutnya adalah hindari hot-air dryer. Alat ini dianggap bisa menghilangkan bakteri penyebab penyakit dan cukup praktis, namun penggunaan hembusan angin panas ini dapat mengeringkan kulit tangan Anda.

Disarankan untuk keringkan dengan tisu atau handuk kering secara lembut atau kibaskan hingga kering, selanjutnya oleskan lotion ke tangan Anda. 

Baca Juga: 3 Kandungan dalam Masker yang Ampuh Mengecilkan Pori-Pori

3. Gunakan Humidifier

Selanjutnya, gunakan humidifier untuk mecegah kulit kering pada tangan. Kulit akan kehilangan kelembapan alaminya disebabkan oleh faktor cuaca yang buruk, sering terkena air, bahan kimia dan paparan sinar matahari.

Selain membuat kulit kering, faktor tersebut juga membuat kulit menjadi pecah-pecahm iritasi dan mempercepat tanda-tanda penuaan dini. Penggunaan humidifier terutama di tengah suhu udara yang dingin dan iklim yang kering, bisa menjadi penyelamat.

Spot paling penting untuk meletakkan humidifier adalah di kamar tidur, yang dapat membantu merawat kulit saat beristirahat semalaman.

4. Melakukan Perawatan pada Kulit Tangan

Terakhir, lakukan perawatan rutin pada kulit tangan Anda di rumah. Anda bisa mengoleskan lotion pada kulit, selalu penuhi cairan tubuh dengan minum air putih, atau memanfaatkan bahan alami untuk digunakan secara langsung. 

Seperti  mengoleskan lidah buaya untuk melembapkan kulit, merendam tangan ke dalam oatmeal yang mengatasi kulit tangan yang pecah-pecah, hingga mengoleskan minyak kelapa murni untuk mendapatkan manfaat asam lemaknya bagi kesehatan kulit. Mendapatkan hasil optimal, butuh konsistensi untuk melakukan perawatan rumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News