Bugar

Ketahui 4 Cara Melembutkan Rambut dengan Bahan Alami, Wajib Coba!

Ketahui 4 Cara Melembutkan Rambut dengan Bahan Alami, Wajib Coba!

MOMSMONEY.ID - Rambut kasar, kusut dan susah diatur membuat penampilan jadi kurang menarik dan pertanda rambut tidak sehat. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera dirawat dengan tepat. Anda bisa merawat rambut dengan bahan alami dari rumah, tak perlu ke salon.

Lebih jelasnya, simak cara melembutkan rambut dengan bahan alami dikutip dari laman tresemme.com, yaitu: 

1. Santan Kelapa

Cara alami melembutkan rambut dengan bahan santan kelapa. Biasanya, santan kelapa dipakai untuk memasak tetapi santan kelapa bisa melembapkan rambut yang kering dan kaku. Namun, santan yang akan dipakai untuk merawat rambut sebaiknya berupa santan alami yang diperas dari buah kelapa asli. Jika Anda tertarik mencoba, berikut cara mengolahnya untuk rambut : 

  • Peras kelapa yang sudah diparut, lalu ambil air santannya.
  • Oleskan santan ke rambut dan kulit kepala sembari diberi pijatan ringan. Diamkan selama kurang lebih satu jam.
  • Setelah satu jam berlalu, bilas santan di rambut dan kulit kepala, lalu lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo seperti biasa.

2. Lidah Buaya

Cara melembutkan rambut selanjutnya adalah lidah buaya. Bahan alami ini sangat efektif mengembalikan kelembapan rambut yang kering dan kaku. Hal ini karena gel lidah buaya mengandung komposisi kimia yang sama dengan keratin, protein yang berperan besar dalam membentuk rambut.

Gel lidah buaya bisa didapatkan dari daun lidah buaya langsung, maupun dalam kemasan yang sudah banyak dijual di pasaran. Lidah buaya alami dapat dipakai untuk melembutkan rambut dengan cara berikut :

  • Sisihkan gel lidah buaya dari kulitnya dan tempatkan gel di dalam sebuah wadah sebelum dipakai untuk merawat rambut.
  • Aplikasikan gel lidah buaya ke rambut dari akar hingga ujungnya, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Bilas rambut dengan air bersih dan lanjutkan dengan mencucinya dengan shampo.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami

3. Jojoba Oil dan Vitamin E

Berikutnya, gunakan jojoba oil dan vitamin E agar rambut mejadi lembut. Anda bisa memakai minyak ini untuk melembapkan dan melemaskan rambut yang kaku. Hal ini karena jojoba oil memiliki manfaat alami untuk menghidrasi dan mengunci kelembapan rambut.

Selain minyak jojoba, vitamin E juga menjadi bahan alami lain yang bermanfaat melemaskan rambut. Pengaplikasian minyak vitamin E dipercaya mampu menjadi media sirkulasi bagi rambut, sehingga membuatnya tampak lemas, lembut, dan mudah bernapas.

4. Susu

Cara melembutkan rambut lainnya dengan produk susu. Susu sering dipakai sebagai bahan alami pelengkap produk kecantikan atau perawatan diri. Selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, susu bisa dimanfaatkan untuk melembutkan rambut secara alami. Tertarik mencoba? Berikut cara mudah mengolahnya, yaitu:

  • Campurkan susu dan air bersih dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan campuran air susu ke dalam botol semprot (spray).
  • Semprotkan air susu ke rambut yang kering sambil diratakan dengan jari tangan.
  • Diamkan selama satu jam, lalu cuci bersih rambutmu dengan shampo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News