ads

Ketahui 4 Buah yang Mampu Mengecikan Pori-Pori

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 04 Agustus 2022 | 14:45 WIB
Ketahui 4 Buah yang Mampu Mengecikan Pori-Pori


MOMSMONEY.ID - Selain pemakaian produk skincare, ada beberapa jenis buah yang ternyata mampu mengecilkan pori-pori wajah. Anda bisa mengolahnya menjadi masker wajah, sebagai perawatan rumahan. Jika Anda tertarik, berikut beberapa buah yang mampu mengecilkan pori-pori wajah dikutip dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Tomat

Buah yang mampu mengecilkan pori-pori wajah, yaitu tomat. Buah ini mengandung potasium dan vitamin C yang tinggi sehingga bisa mengatasi kulit kusam dan mencerahkan kembali. Lalu, kandungan likopen juga mampu melawan radikal bebas dan bantu mengatasi masalah kulit yang berhubungan dengan penuaan, termasuk pori-pori yang membesar.

Cara mengaplikasikannya, yaitu Anda cukup membagi tomat yang sudah matang menjadi dua bagian. Lalu gosokan tomat ke seluruh wajah dan diamkan hingga jus dari tomat terserap ke wajah. Setelah 15 menit, bilas wajah hingga bersih. Lakukan ini minimal 2 kali seminggu untuk hasil maksimal,

2. Alpukat

Selanjutnya, alpukat juga termasuk buah yang mampu mengecilkan pori-pori wajah. Alpukat punya banyak manfaat untuk kulit wajah karena mengandung vitamin E dan K, alpukat bukan hanya bermanfaat untuk mengecilkan pori wajah, tapi juga mengencangkan kulit dan melembabkan.

Ambil setengah buah alpukat dan haluskan. Kemudian, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan. Lakukan cara ini 2-3 kali selama seminggu.

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Menggunakan Body Lotion pada Kulit

3. Mentimun

Buah yang mengecilkan pori-pori wajah berikutnya adalah mentimun. Buah ini mengandung banyak air sehingga bisa mengencangkan kulit wajah, menghidrasi kulit wajah, menjaga elastisitas kulit, dan membantu mengembalikan tekstur wajah ke tekstur awal.

Anda bisa menggunakan mentimun dengan menjadikannya sebagai masker alami. Caranya cukup mudah, yaitu potong-potong tipis mentimun dan tempelkan potongan tersebut di seluruh wajah Anda dan diamkan selama 15-20 menit.

Setelah itu bilas wajah Anda dengan air dan keringkan. Lebih baik dinginkan mentimun terlebih dahulu sebelum digunakan, ya. 

4. Lemon

Terakhir, lemon juga termasuk buah yang bisa mengecilkan pori-pori wajah. Lemon mengandung asam sitrat pada lemon memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori yang membesar. Selain itu, lemon juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Caranya, yaitu cukup peras setengah buah lemon dan campurkan dengan satu sendok teh madu. Aduk rata dan oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan leher. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER