HOME, Bugar

Ketahui 4 Bahaya Klorin untuk Rambut Setelah Berenang, Apa Saja?

Ketahui 4 Bahaya Klorin untuk Rambut Setelah Berenang, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Suka melakukan olahraga renang? Kolam renang membutuhkan bahan kimia untuk menjernihkan air. Bahan kimia penjernih air ini berfungsi untuk menetralkan kuman bakteri di dalam kolam renang.

Anda mungkin sangat tidak asing lagi dengan bahan kimia seperti kaporit dan klorin yang ada di dalam kolam renang. Saat kaporit bereaksi dengan rambut, zat ini akan merusak struktur yang menjaga kekuatan rambut, mengikis kadar protein atau keratin alami, hingga mengubah warna rambut.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan rambut setelah berenang. Lebih jelasnya, berikut bahaya klorin untuk rambut yang harus Anda tahu dilansir dari dove.com, yaitu: 

Berenang

1. Rambut menjadi rontok

Pertama, bahaya klorin untuk rambut setelah berenang yaitu rambut menjadi rontok. Alasannya karena folikel rambut yang terpapar klorin menyerap bahan kimia ini hingga ke bagian sel-sel terkecil di kepala dan rambut.

Sehingga mengakibatkan rambut menjadi lebih kering, minyak alami berkurang, dan melemahnya folikel rambut. Rambut pun akan mudah mengalami rontok dan rusak.

Baca Juga: Minum Air Putih Secara Rutin, Ketahui 3 Manfaatnya untuk Kulit

2. Rambut menjadi kering, kusam dan rusak

Bahaya klorin untuk rambut selanjutnya adalah membuat rambut menjadi kering, kusam dan rusak. Klorin mampu merusak lapisan keratin rambut, menyebabkan pengkristalan di bagian dalam batang rambut sehingga menyebabkan rapuh dan bercabang.

Selain itu, klorin juga dapat menembus kutikula dan menghilangkan lapisan pelindung rambut. Hal ini menjadikan rambut Anda mudah kasar, kering, rusak, dan kusam.

3. Mempercepat proses penuaan rambut

Bahaya klorin juga bisa mempercepat proses penuuan rambut karena dapat meningkatkan radikal bebas. Jika rambut terkena bahan ini secara terus-menerus, produksi radikal bebas semakin cepat terjadi.

Akibatnya, penuaan dini pada rambut akan terlihat jelas dengan munculnya tanda-tanda warna rambut yang beruban, berkurangnya warna hitam pekat di rambut, hingga menyebabkan perubahan pada sel-sel folikel.

4. Berkurangnya elastisitas rambut

Bahaya klorin untuk rambut setelah berenang lainnya adalah berkurangnya elastisitas rambut. Jika elastisitas rambut berkurang, rambut akan mudah patah di bagian batang.

Jika Anda sering berenang di kolam yang mengandung klorin, zat ini mampu merusak struktur ikatan di setiap serat rambut sehingga rambut mudah patah dan rontok.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News