Bugar

Ketahui 4 Bahan Aktif di Produk Cream untuk Menghilangkan Flek Hitam

Ketahui 4 Bahan Aktif di Produk Cream untuk Menghilangkan Flek Hitam

MOMSMONEY.ID - Flek hitam cukup mengganggu penampilan wajah. Anda bisa coba beberapa bahan aktif di cream untuk menghilangkan flek hitam. 

Flek hitam merupakan salah satu ciri-ciri dari tanda penuaan kulit wajah. Flek hitam disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor genetik, penggunaan kosmetik, dan paparan sinar matahari. 

Walaupun tidak berbahaya, tetapi munculnya flek hitam dapat menurunkan kepercayaan diri. Anda bisa memudarkan flek hitam dengan pemakaian produk cream yang tepat.

Ada beberapa bahan aktif di produk cream untuk menghilangkan flek hitam dilansir dari jovee.id, yaitu: 

Baca Juga: The Childe dan 6 Drakor Populer Kim Seon Ho, Fans Wajib Tonton Semua

1. Asam trikloroasetat

Bahan aktif pertama untuk menghilangkan flek hitam di cream adalah asam trikloroasetat. Asam trikloroasetat atau TCA adalah jenis asam super kuat yang dapat mengelupas lapisan kulit. Semakin kuat kulit, semakin banyak lapisan yang perlu dihilangkan.

Dalam konsentrasi tertingginya (40%+), TCA dapat melapisi kembali seluruh wajah. Namun, Anda perlu bantuan dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan untuk mengaplikasikan TCA ini karena TCA jenis ini akan membuat kulit lebih sensitif. Diperlukan waktu pemulihan berminggu-minggu sebelum bisa melihat hasilnya.

Dalam formula yang lebih ringan dan dijual bebas, TCA efektif untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

2. Retinoid

Bahan aktif selanjutnya adalah retionoid. Retinoid, yang meliputi retinol, retinal, dan asam retinoat, dapat bekerja pada flek-flek hitam dengan cara meningkatkan pergantian sel kulit, mengelupas sel kulit mati, dan mendorong pembentukan sel kulit yang baru.

Penggunaan jangka panjang, sekitar tiga hingga enam bulan, biasanya diperlukan untuk melihat manfaat dari perawatan ini.

Para ahli kesehatan kulit merekomendasikan pemula untuk memilih produk yang mengandung retinoid sebanyak 0,3%. Setelah kulit Anda bisa mentoleransi, Anda bisa pelan-pelan meningkatkan kadarnya hingga 0,5% kemudian 1%.

Baca Juga: Catat Moms, Ini 5 Makanan Sehat Penuh Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

3. Tetrahexyldecyl askorbat

Berikutnya, bahan aktif tetrahexyldecyl askorbat juga dipercaya bisa menghilangkan flek hitam. Tetrahexyldecyl askorbat atau THD ascorbat adalah bentuk vitamin C yang distabilkan karena sifat larutnya dalam lemak. Kandungan ini dapat dilarutkan dalam produk berbahan dasar minyak membuatnya tetap kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa THD ascorbat dapat menembus kulit lebih baik daripada bentuk vitamin C lainnya.

Cream penghilang flek hitam ini dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang mencegah timbulnya flek hitam.

4. Hydroquinone

Bahan aktif di produk cream untuk menghilangkan flek hitam lainnya adalah hydroquinone. Hydroquinone adalah bahan untuk membantu meningkatkan warna kulit dan membantu mengatasi kondisi kulit hiperpigmentasi, seperti flek hitam.

Hydroquinone bekerja dengan mencegah produksi melanin berlebih dari melanosit, yang membantu mencegah dan meringankan hiperpigmentasi.

Hydroquinone tidak boleh digunakan secara sembarangan. Penggunaan whitening cream penghilang flek hitam yang mengandung hydroquinone hanya boleh dengan resep dokter. Kandungan ini juga tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Nah, itulah beberapa bahan aktif di produk cream yang ampuh menghilangkan flek hitam di wajah. Anda bisa perhatikan kandungan yang dimiliki produk cream tersebut sebelum menggunakannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News