HOME, Keluarga

Keren! Tanaman Hias Philodendron Dapat Halau Zat Beracun Penyebab Kanker

Keren! Tanaman Hias Philodendron Dapat Halau Zat Beracun Penyebab Kanker

MOMSMONEY.ID - Jika Anda memiliki tanaman hias daun philodendron, selamat! Anda telah merawat tanaman hias terbaik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Meski harganya fantastis, philodendron memiliki manfaat kesehatan terutama dalam hal membersihkan udara.

Tanaman hias ini memiliki daun yang lebar dan bentuk daun yang bermacam-macam, ada yang lonjong berujung lancip, bentuk hati, atau yang mirip gergaji. Sebenarnya terdapat 500 lebih spesies tanaman philodendron yang tersebar di seluruh dunia. Namun, para ilmuwan NASA menemukan bahwa mereka sangat berguna dalam menyerap gas yang berpotensi berbahaya dan membersihkan udara di dalam bangunan modern.

Baca Juga: Khasiat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami untuk Ikan Hias

Dilansir dari ourplants.com.au, penelitian NASA secara konsisten menunjukkan bahwa tanaman hidup, hijau, dan berbunga dapat menghilangkan beberapa bahan kimia beracun dari udara di interior bangunan. Philodendron dapat menghilangkan zat karsinogen, seperti benzena dan trikloroetilen, dan formaldehid yang biasa ditemukan pada bahan busa atau partikel debu pada bahan karpet. Karsinogen adalah zat yang dapat menimbulkan kanker dalam jaringan hidup.

Selain dapat menyerap jenis-jenis zat karsinogen, philodendron juga dapat menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen sebagai gantinya dari hasil fotosintesis. Hal ini dapat membuat pernapasan menjadi lebih baik karena oksigen alaminya. Dilansir dari ibadgarden.com, philodendron juga memiliki akar yang dapat menyerap air, lalu menguap melalui bagian daun dalam proses yang dikenal dengan transport air berkelanjutan.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Tanaman Anggrek yang Cantik untuk Menghias Rumah

Proses siklus transport air berkelanjutan adalah stomata akan melakukan penguapan air, tapi akan menutup untuk menghemat air bila lingkungan kering. Air yang menghantarkan unsur mineral kepada daun, akan ikut menguap seiring dengan terbukanya bagian stomata. Namun, air akan digantikan kembali pada saat kondisi konstan.

Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan di sekitar rumah. Kelembapan ini akan membantu mengurangi kulit kering, insiden pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

Dari beberapa manfaat yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Perawatannya pun mudah. Asalkan Anda memperhatikan faktor suhu, air, kebutuhan cahaya matahari, dan ketinggian peletakan tanaman ini.

Selanjutnya: Memasuki Musim Hujan, Begini Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News