HOME, Bugar

Keren, Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh Sebanyak Ini

Keren, Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh Sebanyak Ini

MOMSMONEY.ID - Manfaat tidur siang untuk tubuh ternyata banyak sekali. Saat aktivitas yang dilakukan orang setiap harinya sangat banyak, tubuh membutuhkan waktu istirahat. Namun tidak semua orang membutuhkan tidur siang untuk mengistirahatkan tubuh. Semua tergantung masalah, keadaan dan keperluan masing-masing.

Tapi secara keseluruhan, tidur siang memiliki manfaat yang luar biasa. Mulai dari meningkatakn kewaspadaan diri, lebih kreatif, recharge energi, menstabilkan mood, dan masih banyak lainnya.  

Jika saat beraktivitas anda sering merasa lelah, hilang fokus di siang hari atau badan terasa sangat loyo meski sudah makan siang, itu merupakan sinyal tubuh untuk melakukan istirahat sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukan. 

Masing-masing orang memiliki keadaan dan waktu istirahatnya masing-masing dan memiliki durasi tidur siang yang berbeda-beda juga. Dilansir dari buku Trik Juara Mengatur Waktu, ada beberapa porsi tidur siang untuk tujuan-tujuan tertentu. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Plot Twist

Tidur selama 20 menit bisa menjadi tambahan stamina untuk tubuh. Penelitian membuktikan, tidur siang 20 menit lebih baik daripada mengonsumsi 200 mg kafein sama dengan 4 gelas kopi. 

Tidurlah diatas jam 2 siang dan bangun sebelum jam 6 sore, jika anda membutuhkan waktu untuk merelaksasi tubuh. Tidur kurang lebih selama 60-90 menit. Jangan tidur melebihi 90 menit agar tidak menggangu tidur kita di malam hari. 

Jika keesokan harinya anda akan melakukan tes tertentu, presentasi dalam proyek, atau melakukan ujian, disaranakan untuk tidur selama 90 menit sebelum belajar atau sebelum mengikuti ujian. Hal ini bertujuan untuk menyerap dan mengingat materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Dalam keadaan tidur bermanfaat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak. 

Baca Juga: Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19

Kalau buntu dan butuh ide-ide kreatif dalam bekerja atau melakukan sesuatu, tidur selama 90 menit sebelum jam 2 siang. Dalam keadaan tidur, saraf-saraf bekerja menstimulus otak kanan, dan saat bangun otak akan bekerja lebih baik. 

Pada dasarnya kebutuhan orang berbeda-beda. Anda tinggal menyesuaikan waktu tidur anda untuk kesehatan agar aktivitas bisa dilaksanakan dengan baik.

Selanjutnya: Kenali Risiko Preeklampsia atau Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News