HOME, Bugar

Kerap Diabaikan, Inilah 5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Kerap Diabaikan, Inilah 5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kadar kolesterol yang tinggi umumnya tidak menunjukkan gejala khusus. Namun, ada beberapa kondisi yang patut diwaspadai sebagai indikasinya.

Contohnya seperti mudah lelah, nyeri dada, kaki dan dada kesemutan, rasa sakit pada rahang, hingga timbulnya xanthoma.

Kolesterol tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala khusus sampai komplikasi terjadi. Kendati demikian, ada beberapa kondisi yang patut diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah Cara Membasmi Nyamuk secara Alami di Rumah

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Nyeri di bagian tengkuk

Tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui pertama adalah nyeri di bagian tengkuk. Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher.

Meski bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti nyeri otot dan saraf, nyatanya keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi.

2. Nyeri di bagian dada

Tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui kedua adalah nyeri di bagian dada. Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, penumpukan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah jantung.

Salah satu keluhan yang umumnya muncul akibat hal tersebut adalah nyeri di bagian dada. Bahkan jika sumbatannya total, hal ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

3. Mudah lelah

Tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui ketiga adalah mudah lelah. Hal inilah yang menjadi alasan pengidap kolesterol tinggi cenderung mudah merasa lelah. 

Plak di pembuluh darah yang muncul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jaringan tubuh. 

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Ini Untuk Menghilangkan Perut Buncit Pada Pria

4. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui keempat adalah kaki dan tangan mudah kesemutan. 

Tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah pada saraf.

Terjadinya gangguan pada aliran darah ke bagian tubuh tertentu dapat menimbulkan sensasi kesemutan pada tangan dan kaki.

5. Rasa sakit pada rahang

Tanda kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui kelima adalah rasa sakit pada rahang. Rasa sakit pada rahang termasuk sebagai gejala serangan jantung yang dipicu oleh kolesterol tinggi.

Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika suplai darah ke jantung atau otak sedang melambat atau tersumbat.

Oleh sebab itu, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter jika mengalami rasa sakit pada rahang yang tidak jelas penyebabnya.

Jika Anda memiliki kebiasaan atau pola makan tidak sehat, merokok, obesitas, atau telah mengalami keluhan di atas, lakukanlah pemeriksaan kesehatan ke dokter secara berkala.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui kadar kolesterol dan mencegah timbulnya komplikasi akibat tingginya kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News