Keluarga

Kenapa Voucher Shopee Tidak Bisa Digunakan? Inilah 7 Penyebabnya yang Harus Anda Tahu

Kenapa Voucher Shopee Tidak Bisa Digunakan? Inilah 7 Penyebabnya yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Berikut 7 penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan. Cari tahu, yuk!

Shopee merupakan salah satu situs jual beli online paling populer di Indonesia. Alasan Shopee jadi pilihan banyak orang yaitu karena banyaknya voucher yang ditawarkan mulai dari gratis ongkir hingga cashback koin.

Namun, tidak sedikit orang yang bingung kenapa voucher Shopee yang ada tidak bisa digunakan. Apakah Anda sedang mengalaminya?

Melansir website Shopee, ada 7 penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang harus Anda tahu. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Kenapa WiFi Lemot? Coba Pakai Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Berikut

1. Tidak Sesuai dengan Kategori Produk

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang pertama yaitu voucher tidak sesuai dengan kategori produk. Tidak semua voucher Shopee bisa digunakan untuk semua kategori produk.

Bahkan, ada beberapa kategori produk yang memang diblokir dari semua promosi Shopee, termasuk voucher toko, voucher cashbackhingga voucher gratis ongkir. Kategori produk ini di antaranya susu formula bayi dan obat bebas. Artinya, voucher Shopee tidak bisa digunakan untuk produk-produk tersebut.

Jadi, jika Anda membeli produk tersebut bersama barang lain yang berbeda, maka produk tersebut tidak akan masuk ke dalam perhitungan diskon, minimum transaksi, atau cashback koin dari voucher yang hendak Anda gunakan.

2. Voucher Sudah Kedaluwarsa

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang kedua yaitu voucher sudah kedaluwarsa.

Setiap voucher memiliki batas kedaluwarsa sehingga tidak selamanya berlaku. Itu sebabnya, Anda harus memeriksa masa berlaku voucher untuk memastikan voucher tersebut masih bisa digunakan.

Biasanya, tanggal atau masa aktif voucher tertera di bagian keterangan. Jadi, pastikan Anda sering-sering memeriksa tanggal atau masa aktif setiap voucher yang ada untuk menghindari kedaluwarsa.

3. Tidak Memenuhi Minimum Pembelanjaan

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang ketiga yaitu tidak memenuhi minimum pembelanjaan.

Ingat, beberapa voucher Shopee memiliki minimum pembelanjaan yang harus Anda penuhi. Dan, Anda bisa mengecek syarat minimum pembelanjaan pada voucher sebelum menggunakannya.

Biasanya, syarat minimum pembelanjaan juga akan memengaruhi besaran diskon voucher yang bisa Anda dapatkan. 

4. Tidak Sesuai dengan Metode Pembayaran

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang keempat yaitu tidak sesuai dengan metode pembayaran.

Sebagai contoh, Anda ingin menggunakan voucher cashback dengan syarat harus menggunakan ShopeePay, sedangkan Anda memilih transfer bank sebagai metode pembayaran. Sudah pasti, Anda tidak bisa menggunakan voucher tersebut. 

Maka dari itu, jangan lupa untuk memeriksa ketentuan dan syarat yang dimiliki oleh voucher yang akan Anda gunakan ya, Moms.

Baca Juga: 3 Pilihan Susu Formula Alternatif untuk Anak Alergi Susu Sapi & Durasi Penggunaannya

5. Tidak Sesuai dengan Jasa Pengiriman

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang kelima yaitu tidak sesuai dengan jasa pengiriman.

Voucher gratis ongkir merupakan salah satu keuntungan utama saat berbelanja di Shopee. Nah, bagi Anda yang sedang bingung kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan, kemungkinan jasa pengirimannya tidak sesuai.

Pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman yang didukung oleh voucher yang dimiliki. Jika tidak, maka voucher gratis ongkir tidak dapat digunakan.

6. Kode Voucher Salah atau Tidak Valid

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang keenam yaitu kode voucher salah atau tidak valid.

Saat melakukan input voucher untuk pemesanan Anda, kemungkinan kode voucher salah atau tidak valid bisa saja terjadi. Hal ini juga bisa menjadi alasan kenapa voucher tidak bisa digunakan.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, pastikan bahwa voucher tersebut masih berlaku dan memang benar digunakan untuk pemesanan tersebut. Jangan lupa cek kembali kode voucher yang diinput agar tidak ada kesalahan penulisan.

7. Tidak Berlaku untuk Produk Tertentu

Penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan yang ketujuh yaitu tidak berlaku untuk produk tertentu.

Terkadang, voucher tidak bisa digunakan atau tidak berlaku untuk semua produk yang ingin Anda beli. Keterangan tidak berlaku tersebut akan langsung muncul saat Anda hendak menggunakan voucher.

Sering kali, hal ini terjadi saat Anda ingin checkout beberapa produk sekaligus. Penting untuk memastikan apakah voucher bisa digunakan untuk masing-masing produk tersebut. 

Itulah 7 penyebab voucher Shopee tidak bisa digunakan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News