Santai

Kenapa Video Story Instagram Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Video Story Instagram Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Instagram Story menjadi salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna. Namun, kenapa video story Instagram tidak bisa diputar?

Sebagian pengguna pernah mengalami masalah video story Instagram tidak bisa diputar. 

Jika Anda mengalami masalah saat memuat story Instagram, Anda bisa menyimak artikel ini. Artikel ini akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi video story Instagram tidak bisa diputar. 

Ada beberapa penyebab kenapa video story Instagram tidak bisa diputar. Salah satunya adalah koneksi internet.

Baca Juga: Cara Deactive Instagram, Lengkap Beserta Cara Mengembalikan Akun

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan koneksi internet Anda sebelum mencari tahu penyebab video story Instagram tidak bisa diputar. 

Mengutip Make Use Of, berikut penyebab dan cara mengatasi video story Instagram tidak bisa diputar:

1. Periksa koneksi internet 

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika Instagram Stories Anda tidak memuat adalah memeriksa koneksi internet Anda.

Jika Anda menggunakan koneksi data seluler, coba aktifkan Wi-Fi dan lihat apakah itu membantu.

masalah wifi

Cara terbaik untuk memperbaiki koneksi yang salah dimulai dengan penganalisa Wi-Fi untuk mendeteksi di mana masalahnya.

Bergantung pada hasilnya, Anda dapat menghilangkan gangguan apa pun, mengubah saluran perute, atau memulai ulang perangkat. Jika tidak ada yang berhasil, hubungi dukungan pelanggan.

2. Atur ulang pengaturan jaringan 

Ponsel Anda menawarkan solusi lain untuk masalah internet yang memblokir Cerita Instagram Anda, yaitu mengembalikan jaringan Anda ke pengaturan pabriknya.

Cara standar untuk mengakses opsi ini di iOS adalah dengan membuka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

Selain Instagram Stories tidak memuat, Anda dapat memperbaiki berbagai masalah hanya dengan mengatur ulang pengaturan jaringan iPhone Anda.

Untuk menyetel ulang setelan jaringan Anda di Android, ikuti langkah-langkah ini, dengan mengingat bahwa langkah tersebut mungkin sedikit berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Buka Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Atur ulang opsi > Atur ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth > Atur ulang pengaturan dan verifikasi pilihan Anda.

Baca Juga: Cara Mengatur Postingan Instagram biar Rapi dan Estetik, Ikuti Tips Ini

3. Restart 

Jika memulai ulang router Anda tidak berhasil, perangkat berikutnya yang harus diperiksa adalah ponsel Anda, jadi ketahuilah cara memulai ulang iPhone. 

Di iOS, cukup tekan dan tahan ketiga tombol di kedua sisi perangkat. Untuk memulai ulang Samsung Galaxy atau ponsel Android lainnya, tekan dan tahan tombol samping atau daya.

4. Cek apakah Instagram down

Terkadang, alasan Instagram Stories Anda tidak dimuat karena Instagram down. Jika menurut Anda ini masalahnya, buka DownDetector dan cari Instagram. Di sini, Anda akan melihat apakah ada laporan gangguan Instagram di wilayah Anda.

Lebih baik lagi, Anda dapat memeriksa Twitter untuk melihat apakah ada laporan Instagram sedang down.

Cukup telusuri menggunakan tagar seperti #instagramdown dan lihat apa yang muncul.

5. Tutup paksa dan mulai ulang Instagram 

Jika Instagram aktif dan berjalan, tetapi Cerita Anda masih belum dimuat, hal berikutnya yang harus dicoba adalah menutup paksa dan memulai ulang aplikasi.

Proses ini akan bervariasi tergantung pada perangkat apa yang Anda gunakan.

Di Android, Anda dapat melakukannya dengan membuka Setelan > Aplikasi. Temukan Instagram di daftar dan ketuk di atasnya.

Kemudian, ketuk Paksa berhenti. Atau, tekan dan tahan ikon aplikasi Instagram di layar beranda Anda, yang akan membawa Anda langsung ke menu Info aplikasi.

Setelah Anda selesai melakukannya, mulai ulang Instagram, coba muat Cerita Anda lagi, dan lihat apakah berhasil. Jika tidak, jelajahi solusi selanjutnya untuk Cerita Instagram tidak berfungsi.

Baca Juga: Cara Mengganti Font di Instagram Story Tanpa Aplikasi, Jadi Unik dan Estetik

6. Keluar dan masuk kembali 

Hal lain yang dapat Anda coba adalah keluar dari akun Anda dan kemudian masuk kembali. Untuk melakukannya, buka halaman profil Anda, ketuk ikon hamburger, dan pilih Pengaturan. Dari sana, gulir ke bawah dan ketuk Keluar.

Setelah Anda keluar, tutup aplikasi Instagram, buka kembali, dan masuk kembali dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.

7. Sesuaikan penggunaan data di Instagram 

Instagram memiliki dua pengaturan yang dapat mengacaukan kinerjanya. Yang pertama untuk diperiksa adalah penggunaan data bawaannya, yang dapat Anda temukan dengan membuka profil Anda, masuk ke Pengaturan > Akun > Penggunaan data seluler, dan nonaktifkan Penghemat Data jika aktif.

Tujuannya adalah untuk menyediakan aliran data yang dibutuhkan Instagram agar berfungsi dengan lancar.

Pilihan lainnya adalah pergi ke Info Aplikasi Instagram > Data seluler & Wi-Fi dan pastikan Data latar belakang aktif. Tanpa ini, Instagram kemungkinan besar akan ketinggalan dan gagal menampilkan fitur seperti Stories.

Baca Juga: Cara Menemukan Akun Instagram dengan Nomor HP, Ikuti Langkah Cepat Ini

8. Bersihkan cache aplikasi 

Jika Anda masih kesulitan memuat Cerita Instagram, hal berikutnya yang dapat dicoba adalah membersihkan cache aplikasi.

Ini akan menghapus semua data sementara yang tersimpan di perangkat Anda, yang dapat menyebabkan masalah.

Untuk menghapus cache aplikasi di Android, buka Pengaturan ponsel Anda dan ketuk Aplikasi. Dari sana, temukan Instagram di daftar aplikasi dan ketuk.

Di layar berikutnya, ketuk Storage lalu Clear Cache. Setelah Anda selesai melakukannya, coba muat Cerita Anda lagi dan lihat apakah berhasil.

Cara termudah untuk menghapus cache aplikasi pihak ketiga di iOS adalah dengan menghapus dan menginstalnya kembali atau pergi ke Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone, pilih Instagram, misalnya, dan tekan Bongkar Aplikasi.

Itulah penyebab dan cara mengatasi video story Instagram tidak bisa diputar. Anda bisa mencoba beberapa cara tersebut untuk mengatasi masalah pada Instagram Story. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News