Santai

Kenapa TikTok Lite Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa TikTok Lite Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - TikTok Lite merupakan aplikasi Tiktok yang lebih cepat dan ringan. Tapi, sering kali pengguna mengeluhkan, kenapa Tiktok Lite tidak bisa dibuka?

Salah satu alasan kenapa TikTok Lite tidak bisa dibuka biasanya karena pengembang sedang melakukan pembaruan untuk aplikasi ini. 

Cuma, penyebab kenapa TikTok Lite tidak bisa dibuka bukan karena hal itu saja. Ada beberapa penyebab lainnya misalnya karena ponsel yang terlalu penuh memori. 

Anda bisa mengatasi TikTok Lite tidak bisa dibuka dengan memperbarui aplikasi tersebut. 

Namun, jika cara tersebut masih tidak bisa mengatasi kenapa TikTok Lite tidak bisa dibuka, Anda perlu mengikuti langkah ini. 

Baca Juga: Cara Mencari Filter di Instagram yang Lagi Viral dan Trending, Begini Tipsnya

Mengutip Crast.Net, berikut cara mengatasi TikTok Lite tidak bisa dibuka:

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke "Pengaturan" ponsel Android Anda.

2. Setelah Anda berada di sana, Anda harus mengklik bagian yang disebut "Aplikasi".

3. Masuk ke aplikasi TikTok Lite.

4. Oleh karena itu, Anda harus mengklik tombol yang bertuliskan "Paksa Berhenti".

5. Sebuah jendela kecil akan terbuka dengan dua opsi, klik salah satu yang bertuliskan "Terima".

6. Masukkan di "Penyimpanan dan cache".

Baca Juga: 30 Link Twibbon Natal 2022, Cocok Jadi Foto Profil dan Dibagikan di Media Sosial

7. Tekan tombol "Hapus cache".

8. Setelah cache dihapus, Anda harus menekan "Kosongkan ruang penyimpanan".

9. Dan, sebagai langkah terakhir, Anda harus mengklik "Menerima".

Penting untuk diklarifikasi bahwa solusi ini tidak akan menghapus akun TikTok Lite Anda, juga tidak akan mengeluarkan Anda dari aplikasi.

Jika masalah berlanjut, Anda harus menghubungi dukungan TikTok, mereka akan dapat membantu Anda dengan cara yang dipersonalisasi.

Baca Juga: Kumpulan Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark, Ini Tipsnya

Perbedaan TikTok Lite dan versi biasa

1. Penyimpanan

File aplikasi TikTok Lite biasanya berukuran lebih kecil dari TikTok. Dan, mereka menggunakan data jaringan 2G dan 3G yang lebih lambat. 

Biasanya, ukuran file aplikasi TikTok adalah 18 MB. Dengan data cache dan data aplikasi, aplikasi membutuhkan lebih dari 300Mb. 

Di sisi lain, ukuran penyimpanan Tiktok lite adalah 125 MB. Jadi, jika Anda ingin membutuhkan lebih banyak penyimpanan, TikTok lite sangat cocok untuk ponsel Anda.

2. Penggunaan Baterai

TikTok dan TikTok Lite, kedua versi diketik secara musikal dan menampilkan pemutaran video.

Konsumsi baterai hampir sama untuk kedua aplikasi. Jika Anda menggunakan TikTok atau TikTok Lite secara kasar, konsumsi baterai secara keseluruhan adalah 4%. Konsumsi baterai tergantung pada penggunaan Anda.

3. Fungsi

Aplikasi TikTok memungkinkan Anda banyak fungsi. Misalnya, nomor, kata sandi, perubahan e-mail, hapus akun, dan beralih ke akun pro ditawarkan oleh aplikasi TikTok. Dan, TikTok Lite memiliki banyak aplikasi untuk ponsel Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Twitter Wrapped 2022 Tanpa Instal Aplikasi, Simak Tipsnya

4. Muat Waktu dan Opsi

TikTok lite membutuhkan terlalu banyak waktu saat Anda membuat video. Tujuannya, aplikasi TikTok lite tidak menyimpan data dan menghemat baterai, dan karena itulah loading-nya memakan waktu.

5. Opsi Pengaturan

Saat membuat akun di aplikasi TikTok, Anda memerlukan kode TikTok dan memindainya untuk mengatur profil Anda. Anda dapat menjadikan akun Anda pribadi di aplikasi TikTok.

Tetapi, di aplikasi TikTok LIte, ada beberapa opsi pengaturan.

6. Fitur 

Aplikasi TikTok memungkinkan banyak fitur seperti berbagi sebagai GIF, Favorit, Duet, Bereaksi, Simpan Video, dan Foto langsung.

Dan, TikTok Lite mengurangi fitur tersebut untuk perangkat Android Anda. Anda cukup menyalin tautan Lite dan mengunggahnya ke media lain tetapi tidak membagikannya.

Itulah informasi mengenai kenapa TikTok Lite tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Anda juga perlu mengetahui perbedaannya dengan TikTok versi biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News