Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal? Simak Cara Mengatasinya

Reporter: Benedicta Prima
Jumat, 09 Desember 2022 | 16:03 WIB
Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal? Simak Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Cara mengatasi set top box yang tidak ada sinyal atau hilang sinyal.


MOMSMONEY.ID - Set top box kini jadi barang yang banyak dicari orang, menyusul langkah pemerintah mematikan siaran TV analog secara bertahap. Nahm jika set top box Anda tidak ada sinyal atau hilang sinyal, simak cara mengatasi berikut ini. 

Set top box adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Bisa digunakan untuk TV analog tabung dan datar. Tak heran, alat ini jadi populer.

Salah satu cara mengubah TV analog jadi TV digital adalah dengan menggunakan set top box. Alat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000. Sedangkan untuk membeli TV digital butuh dana hingga jutaan rupiah. 

Baca Juga: Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari, Buat Jadwal Tidur Seperti Ini

Nah, set top box juga tak lepas dari masalah. Jika set top box Anda tidak ada sinyal dan hilang sinyal simak cara mengatasinya di sini. 

Melansir First Media, Hisense, dan RCTI Plus, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan set top box Anda tidak ada sinyal. Anda harus cek mulai dari antena hingga cuaca. 

Cara mengatasi set top box (STB) tidak ada sinyal

1. Kualitas antena

Kualitas antena juga memengaruhi kekuatan penerimaan sinyal digital. Perhatikan lingkungan sekitar Anda, apabila banyak gedung bertingkat sebaiknya gunakan antena yang berukuran besar dengan daya tangkap sinyal yang lebih besar. 

2. Perhatikan lokasi antena Anda

Antena memang cukup sensitif pada perubahan posisi, jadi jika lokasinya tidak pas akan berdampak pada gelombang sinyal yang diterima oleh set top box.

Coba pindahkan, ubah arah antena sesuaikan dengan informasi yang tertera pada aplikasi SinyalTVDigital. Ini adalah aplikasi untuk mengetahui apakah daerah Anda sudah terjangkau siaran TV digital. 

3. Kabel longgar

Cek juga kondisi kabel yang terhubung dari antena UHF ke set top box. Kabel yang longgar dan tidak layak pakai akan sulit menerima sinyal siaran TV digital dengan baik. 

4. Bersihkan konektor 

Anda perlu rajin membersihkan konektor dari antena, kabel dan set top box. Pastikan konektor bersih dari debu dan karat. Apabila konektor Anda berkarat, Anda bisa juga menggantinya dengan yang baru. 

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan Tubuh

5. Coba lakukan pengaturan pada STB

Bisa saja ada pengaturan yang salah pada set top box. Silakan baca buku manual set top box dan lakukan pengaturan sesuai yang tertulis. Sebab, setiap merek set top box biasanya memiliki pengaturan yang berbeda. 

Demikian informasi mengenai penyebab set top box tidak ada sinyal atau hilang sinyal serta cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER