Keluarga

Kenapa Semut Suka Bersarang di Stopkontak? Bagaimana Cara Membasminya?

Kenapa Semut Suka Bersarang di Stopkontak? Bagaimana Cara Membasminya?

MOMSMONEY.ID -  Semut bisa bersarang di manapun, termasuk di stopkontak rumah Anda. Kenapa semut suka bersarang di stopkontak listrik dan bagaimana cara membasminya? 

Melansir Kompas, semut akan masuk ke dalam rumah karena ada sesuatu yang menarik bagi mereka. Biasanya semut suka mendekati sisa makanan, gula, permen dan kelembapan. 

Saat ada sesuatu yang menarik bagi mereka, semut akan masuk ke rumah melalui celah-celah yang ada di rumah. Mereka hanya membutuhkan celah terkecil untuk bisa masuk ke rumah. Bahkan retakan dinding, stopkontak dan celah kecil lainnya bisa jadi jalan untuk bisa masuk ke rumah. 

Baca Juga: 6 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan yang Harus Anda Tahu

Nah, saat mereka masuk ke rumah semut akan berusaha mencari tempat yang cocok untuk membuat sarang. Salah satu lokasi yang sempurna adalah stopkontak karena semut akan terhindar dari interkasi dengan manusia.

Mengapa semut suka bersarang di stopkontak?
Melansir Newtown Pest Control, kenapa semut suka berada di stopkontak karena semut tertarik pada sumber hangat yang dihasilkan pada stopkontak. Lokasi ini membuat badan mereka hangat, yang sangat disukai oleh serangga.

Jika Anda tak segera membersihkan semut di stopkontak mereka akan cepat berkembang biak. Ini tentu akan membuat kerusakan signifikan pada rumah. Kabel di dalam stopkontak bisa hancur karena dikunyah oleh semut dan menyebabkan korsleting. 

Nah, jika Anda pernah melihat semut keluar dari stopkontak itu berari mereka telah membangun sarang di dalamnya. Jika sudah demikian, ada baiknya Anda segera mematikan daya supaya tak terjadi arus pendek. 

Apa tanda semut sudah bersarang di stopkontak?
Cara mengetahui semut sudah bersarang di stopkontak adalah mereka akan sering terlihat berjalan menuju stopkontak atau keluar dari stopkontak. Jika mereka sering terlihat di area stopkontak, berarti mereka telah membangun sarang di stopkontak.

Baca Juga: Ini 7 Benda yang Sebaiknya Tidak Anda Bersihkan Memakai Air Bertekanan Tinggi

Bagaimana cara mencegah semut masuk ke stopkontak? 
Anda dapat mencegah semut masuk ke stopkontak dengan rutin membersihkan rumah Anda. Serta pastikan peralatan listruk seperti kulkas dan kompor listrik tidak memiliki sisa makanan yang menarik semut datang. 

Apakah diperbolehkan menggunakan penyemprot pembasmi serangga di stopkontak?
Anda sebaiknya jangan menyemprotkan produk pembasmi serangga ke dalam stopkontak. Ini dapat menyebabkan adanya sengatan listrik. Selain itu penyemprot serangga mungkin akan membuat semut mati namun bangkainya akan tertinggal di dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News