Keluarga

Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Nasi? Simak Penjelasan dan Alasannya Ini

Kenapa Kucing Tidak Boleh Makan Nasi? Simak Penjelasan dan Alasannya Ini

MOMSMONEY.ID - Banyak pemilik anak bulu yang bertanya, kenapa kucing tidak boleh makan nasi? Kucing adalah hewan karnivora yang berarti mereka memakan daging. 

Ada penyebab kenapa kucing tidak boleh makan nasi. Salah satunya karena alasan nutrisi yang ada pada nasi. 

Nasi dianggap kurang bernutrisi untuk kucing yang merupakan hewan karnivora. Itulah salah satu penyebab kucing tidak boleh makan nasi. 

Akan tetapi, mengutip laman purina.co.uk, kucing bisa makan nasi dalam jumlah sedikit. Nasi tidak beracun sehingga tidak akan membahayakan mereka apabila memakannya sedikit. 

Baca Juga: Syarat Mudik Naik Kereta Api Bawa Hewan Peliharaan, Simak Tarif Lengkapnya

Jika Anda memberi kucing Anda makanan kucing yang lengkap dan seimbang, mereka tidak akan mendapatkan manfaat nutrisi tambahan dari makan nasi. 

Selain alasan di atas, ada alasan kenapa kucing tidak boleh makan nasi. Sedikit nasi yang dimasak dicampur dengan makanan khas hewan peliharaan Anda dapat meningkatkan pencernaan dengan membuat feses kucing lebih keras. 

Di samping itu, banyak orang yang memberikan nasi kepada kucing mereka saat diare. Hal tersebut karena nasi dapat membuat feses kucing lebih keras. 

Tak hanya itu, terlalu banyak nasi dalam jumlah yang terlalu sering dapat menyebabkan kekurangan gizi. 

Hal ini dapat sangat memengaruhi umur panjang dan kesehatan kucing Anda secara keseluruhan. Selain itu, hal itu dapat membuat kucing Anda kembung. 

Kucing Makan

Oleh karena itu, ada beberapa orang yang menyarankan kucing tidak boleh makan nasi. Akan tetapi, Anda tetap bisa memberikan nasi.

Anda tetap boleh memberikan nasi kepada kucing, selama Anda memasak nasi dengan benar dan Anda hanya memberi secukupnya untuk kandungan seratnya saat kucing Anda diare, kucing Anda akan baik-baik saja. 

Mulailah dari yang kecil dan tingkatkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. Pantau kucing Anda dan selalu ikuti arahan dokter hewan Anda.

Jangan pernah menambahkan bumbu, garam, atau bahan tambahan lainnya ke dalam nasi yang Anda berikan kepada kucing Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Keracunan, Kenali Tanda dan Gejala Anabul Perlu Segera Ditolong

Sistem pencernaan hewan peliharaan Anda tidak dimaksudkan untuk mencerna tanaman biji-bijian. Beras dan biji-bijian lainnya memiliki beberapa nilai tetapi seringkali hanya digunakan sebagai bahan pengisi.

Mereka tidak menawarkan nutrisi apa pun, dan jika kucing Anda mengonsumsi terlalu banyak, mereka bisa mengalami masalah pencernaan. 

Terlebih lagi, jika teman kucing Anda tidak terbiasa dengan nasi, mereka bisa memuntahkannya. Dan terakhir, jika diberikan kepada bayi baru lahir atau anak kucing kecil, makanan berbahan dasar nasi dapat menyebabkan keterbelakangan.

Dengan kata lain, memberi nasi pada kucing Anda menimbulkan terlalu banyak ancaman bagi kesehatannya dibandingkan dengan satu keuntungan melawan diare.

Oleh karena itulah, kenapa kucing tidak boleh makan nasi. Daripada diberi makan nasi, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan manusia yang dapat diberikan kepada kucing.

Baca Juga: Simak Perawatan Kucing Munchkin bagi Pemula, Harganya Fantastits

Melansir Pawlicy, berikut makanan manusia yang boleh dimakan kucing:

Telur 

Telur boleh diberikan kepada kucing. Namun, perlu memberikan telur yang sudah dimasak seperti rebus. 

Jangan pernah memberikan telur mentah karena mengandung risiko virus dan bakteri seperti E. Coli dan Salmonella. 

Ikan 

Jenis ikan yang aman dikonsumsi kucing adalah salmon, ikan kaleng hambar, minyak ikan (dalam jumlah kecil), ikan tuna, dan ikan tongkol.

Aturan dalam memberikannya adalah ikan sudah dicuci, dipotong kecil tanpa duri, direbus tanpa bumbu, dan tidak terlalu banyak, terutama ikan tuna.

Daging ayam 

Daging mengandung banyak protein yang bagus untuk kucing. Namun, terlalu banyak lemak dapat membuat kucing sakit perut dan mengalami obesitas. 

Untuk memberikan daging ayam, Anda perlu memasaknya terlebih dahulu hingga matang. 

Sayuran 

Sayuran bagi kucing adalah solusi untuk mengatasi masalah pencernaannya, tetapi bagi beberapa kucing sayuran memiliki tekstur yang menyenangkan untuk dikunyah. 

Baca Juga: 4 Resep Susu Anak Kucing Buatan Sendiri di Rumah, Ini yang Perlu Disiapkan

Sayuran yang bisa dimakan kucing contohnya bayam, selada, kangkung, timun, wortel, brokoli, dan asparagus.

Buah-buahan

Beberapa kucing bisa memakan sebagian besar jenis buah, tetapi dengan jumlah yang sedikit. 

Beberapa buah yang bisa dimakan kucing adalah apel, semangka, pisang, labu, dan beri-berian.

Nah, itulah alasan kenapa kucing tidak boleh makan nasi. Anda perlu mengetahui penjelasannya agar kucing peliharaan tetap sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News