HOME, Keluarga

Kenapa Kucing Membutuhkan Tempat untuk Bersembunyi?

Kenapa Kucing Membutuhkan Tempat untuk Bersembunyi?

MOMSMONEY.ID - Sama seperti hewan lain pada umumnya, kucing juga memiliki naluri alami mereka. Anda tak perlu khawatir bila kucing selalu memiliki kebiasaan yang sulit dihilangkan, seperti mencakar-cakarkan kukunya, mengejar sesuatu, dan bahkan bersembunyi.

Walaupun kucing telah dipelihara di dalam rumah, mereka kerap bersembunyi di lokasi-lokasi tak terduga dan kadang sulit ditemukan pemilik. Bahkan di dalam kotak-kotak kosong yang kecil dan sempit, mereka pun akan menggunakannya. Kenapa ya, kucing seperti itu?

Baca Juga: Berapa Lama Kelinci Peliharaan Bisa Hidup? Ini Penjelasannya

Bersembunyi Normal Bagi Kucing

Dilansir dari The Spruce Pets, bersembunyi adalah perilaku normal yang dimiliki kucing. Hal ini dapat terjadi secara berpola atau berpindah-pindah, seperti di dalam lemari, di bawah tempat tidur, dan sebagainya. Beberapa kucing juga akan memilih posisi yang lebih tinggi untuk bersembunyi, seperti di atas lemari. Ini memiliki manfaat tambahan bahwa mereka masih bisa mengamati keadaan sekitarnya.

Hal normal lainnya, kucing adalah pemangsa di alam liar, mereka secara naluriah didorong untuk bersembunyi ketika mereka menyelinap ke calon mangsa dan menghindari pemangsa lain (karnivora yang lebih besar). Bersembunyi adalah keahlian mereka.  

Bersembunyi Dapat Mengurangi Stres

Tempat persembunyian adalah salah satu kebutuhan dasar kucing di samping makanan dan minumannya. Semua kucing, berapa pun usianya, mendapat manfaat dari memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Dilansir dari ASPCApro.org, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Welfare mengatakan, bahwa kucing yang memiliki tempat untuk melarikan diri menunjukkan lebih sedikit stres daripada mereka yang tidak. Tempat persembunyian akan memberi waktu kucing untuk menenangkan diri sampai mereka siap untuk pergi keluar lagi.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Ikan Hias Peliharaan yang Tidak Mau Makan

Mencari Kenyamanan dan Perlindungan

Banyak orang berpikir bahwa kucing bersembunyi adalah hal yang negatif. Padahal, kucing membutuhkan kenyamanan yang hanya dimengerti kucing itu sendiri. Sementara itu, kucing yang ketakutan akan selalu mencari tempat yang aman untuk ditempati.  Apalagi jika Anda memelihara beberapa kucing sekaligus dalam satu rumah, mereka pasti akan melakukannya.

Meski kucing tidak memiliki masalah dengan ketakutan, tetapi tetap penting untuk menyediakan ruang pribadi semacam ini untuk mereka bersembunyi. Untuk beberapa kucing, bersembunyi mungkin hanya digunakan sebagai tempat tidur yang jauh dari kebisingan dan nyaman. Pastikan saja kucing peliharaan Anda selalu memiliki tempat yang nyaman untuk tidur dan bersantai, sehingga mereka dapat memiliki pilihan untuk itu.

Apa yang Harus Dikhawatirkan Ketika Kucing Bersembunyi

Ketika kucing Anda telah memutuskan untuk bersembunyi lebih lama dengan tidak mau makan dan jarang menggunakan kamar mandinya, mungkin mereka sedang merasa tidak enak badan dan rasa sakit yang disembunyikan. Kecurigaan ini dapat ditandai sebagai proses penyait. Anda dapat membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan fisik menyeluruh serta tes pemeriksaan darah dan radiografi.

Namun, jika dokter hewan tidak menemukan sesuatu yang buruk secara medis dengan kucing Anda, maka mibat untuk bersembunyi sepanjang waktu kucing Anda merupakan masalah perilaku yang sebenarnya. Hal-hal yang menyebabkannya adalah perpindahan ke rumah baru, orang baru, hewan peliharaan lain di rumah, atau kucing sedang stres. Jika kucing bersembunyi karena stres, dokter hewan mungkin akan merekomendasikan obat anti-kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News