HOME, Keluarga

Kenapa Kucing Dewasa Tidak Mau Bermain-Main Lagi? Ini Jawabannya

Kenapa Kucing Dewasa Tidak Mau Bermain-Main Lagi? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Semakin dewasa kucing, mereka mungkin memiliki ketertarikan yang berbeda. Sikapnya mungkin juga berubah dan mereka menjadi lebih tenang.

Sayangnya, ini mungkin berdampak pada aktivitas bermainnya. Misalnya, kucing tidak tertarik lagi untuk mengejar bola yang Anda berikan atau juntaian benang dari tempat duduk Anda.

Anda mungkin khawatir karena kucing Anda sangat perlu membutuhkan stimulasi dan aktivitas. Sebab, pada dasarnya, kucing yang sehat tidak pernah berhenti bermain, bahkan ketika mereka sudah sangat tua.

Asalnya hal tersebut telah menjadi rutinitas mereka sejak lama. Lalu, apa yang membuat kucing dewasa tidak mau bermain lagi? Berikut 4 alasannya menurut The Spruce Pets.

Baca Juga: Jalan-Jalan Santai Baik Buat Kesehatan Anjing Peliharaan. Apa Saja?

Faktor Kesehatan

Kesehatan tentu memengaruhi tingkat aktivitas kucing. Masalah terkait usia tua, seperti radang sendiri, masalah pernapasan, atau hipertensi, dapat mengurangi minat bermainnya.

Segala jenis tantangan kesehatan yang membuat kucing merasa tidak enak badan, juga akan mengurangi aktivitas kucing, meski dirinya memiliki rutinitas sehari-hari.

Meski kemudian kucing bermain-main, ini memiliki batasan karena energinya tidak sebanyak dulu. Pergerakannya mungkin juga lebih lambat dan tidak dapat melakukan banyak gerakan.

Sebuah Gejala Penyakit

Selain faktor kesehatan yang menurun, kucing yang mengalami gejala penyakit juga akan menunjukkan penurunan aktivitas yang membuatnya enggan bermain. Jika kucing Anda biasanya suka bermain, tetapi tiba-tiba tampak lesu dan tidak aktif, ada baiknya untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan.

Pemeriksaan ini mungkin mengungkapkan infeksi saluran kemih atau masalah kesehatan lain yang memengaruhi aktivitasnya. Kucing yang sudah tua perlu mendapat perhatian lebih khusus untuk terus memantau kesehatannya.

Baca Juga: Penasaran dengan Usia Kucing Peliharaan? Coba Tentukan Usianya dari Kondisi Giginya!

Stres

Jika kucing dewasa Anda tampak sehat, tetapi tidak mau bermain, mungkin saja dia sedang stres.

Segala jenis stres kucing sering disebabkan oleh perubahan mendadak yang dapat memengaruhi aktivitasnya. Kucing yang merasa kewalahan karena stres biasanya menolak untuk diajak bermain.

Naluri yang Berubah

Permainan kucing selalu meniru aktivitas berburu. Mereka suka menangkap, menyerbu, dan mengejar sesuatu untuk dimainkan.

Oleh karena itu, perlu gerakan pemicu untuk menarik rangsangannya. Ini untuk menarik naluri kucing permainan berburu.

Akan tetapi, kucing dewasa tidak bisa disamakan dengan anak kucing yang suka permainan sederhana. Mereka membutuhkan lebih banyak rangsangan langsung dan lebih seru. Paling tidak begitulah keinginan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News