Santai

Kenapa Harus Pakai Baju Baru Berwarna Merah Saat Imlek? Begini Penjelasannya

Kenapa Harus Pakai Baju Baru Berwarna Merah Saat Imlek? Begini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Saat Anda merayakan Imlek, pernahkah Moms bertanya kenapa harus pakai baju baru berwarna merah? Lalu, warna baju apa saja yang dilarang digunakan dalam tradisi Imlek? 

Melansir China Highlights, menggunakan baju baru dalam perayaan Imlek sebagai simbol perubahan, memulai hal baru dan meninggalkan yang lama. Sebab, di masa lalu tak jarang orang hanya memiliki satu sampai dua set baju untuk digunakan selama setahun.

Nah, saat perayaan tahun baru Imlek, adalah saat yang tepat menggunakan baju baru. 

Biasanya, baju baru yang digunakan saat tahun baru Imlek dibuat oleh ibu atau istri dalam sebuah keluarga. Namun, tradisi ini berganti dengan membeli baju baru untuk perayaan Imlek. 

Baca Juga: Makin Makmur, Ikuti 8 Cara Dapatkan Keberuntungan di Perayaan Imlek Tahun Ini

Kenapa harus menggunakan baju baru berwarna merah saat Imlek?

Warna merah dijadikan warna wajib saat perayaan Imlek. Sebab, kelir ini dipercaya sebagai warna keberuntungan di China. Warna merah juga mewakili kekuatan dan kemakmuran. 

Tak hanya baju, Anda juga bisa menggunakan warna merah pada kaos kaki dan pakaian dalam. Cara ini diyakinii bisa memberikan keberuntungan di sepanjang tahun. 

Tapi, kalau tak suka dengan warna merah, Anda bisa memilih baju baru berwarna emas saat perayaan tahun baru Imlek. Warna ini memberikan simbol kekayaan. 

Lalu, kapan baju baru berwarna merah harus digunakan? Baju baru berwarna merah yang Anda miliki harus digunakan di hari pertama perayaan tahun baru Imlek. Sementara baju tidur baru berwarna merah digunakan untuk tidur di malam tahun baru Imlek. 

Soal model baju baru berwarna merah, sebenarnya tak ada aturan pakemnya. Anda bisa memilih baju baru berwarna merah sesuai dengan tren saat ini dan nyaman Anda gunakan. 

Di masa dulu, penduduk China menggunakan pakaian tradisional berwarna merah sebagai baju baru yang mereka gunakan di perayaan tahun baru Imlek.

Baju tradisional ini antara lain Tang Suit, pakaian pria dengan kerah terbalik khas Dinasti Tang. Bisa juga dengan menggunakan Qipao, gaun ketat untuk wanita bergaya di masa Dinasti Qing.

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Tips Kecantikan untuk Mendatangkan Keberuntungan di Hari Imlek

Lalu, apa saja warna dan hal lain yang tidak boleh digunakan saat merayakan tahun baru Imlek? 

Anda sebaiknya tidak menggunakan baju berwarna hitam. Soalnya, warna ini melambangkan kematian.

Ada baiknya juga tidak membeli sepatu baru dan menggunakan tipe pakaian yang sobek seperti ripped jeans. Sebab, kedua hal ini dipercaya bisa mendatangkan kesialan. 

Demikian informasi mengenai kenapa harus memakai baju baru berwarna merah saat merayakan tahun baru Imlek. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News