Keluarga

Kenapa Harga Parfum Mahal? Inilah 4 Penyebab Harga Parfum Mahal

Kenapa Harga Parfum Mahal? Inilah 4 Penyebab Harga Parfum Mahal

MOMSMONEY.ID - Penasaran mengapa harga parfum bisa begitu mahal? Inilah 4 penyebab harga parfum mahal yang harus Anda tahu.

Di pasaran, ada banyak jenis wewangian dan perfume atau parfum menjadi jenis wewangian yang memiliki harga paling mahal.

Mengapa demikian? Berikut MomsMoney uraikan 4 penyebab harga parfum mahal sebagaimana dilansir dari laman C&F. Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Brightening Toner untuk Mencerahkan Kulit Wajah dari Merek Lokal

1. Bahan baku yang dipakai

Penyebab harga parfum mahal yang pertama yaitu bahan baku yang dipakai. Mahal murahnya sebuah produk parfum ditentukan oleh jenis bahan baku yang dipakai.

Harga parfum bisa menjadi selangit jika bahan baku yang dipakai tergolong langka dan sulit didapatkan atau diolah menjadi essential oil. Umumnya, produk parfum dari luxury brand menggunakan pure essential oil dalam kandungan parfumnya. Adapun kandungan essential oil-nya berkisar antara 15%-30%.

Semakin tinggi konsentrasi pure essential oil yang terkandung dalam parfum, maka semakin tahan lama dan kuat pula aroma dari parfum tersebut. Inilah yang menjadikan harga parfum cenderung mahal karena memerlukan bahan baku asli yang cukup banyak dan berkualitas.

2. Packaging parfum

Penyebab harga parfum mahal yang kedua terletak pada packaging atau kemasan produknya.

Kebanyakan parfum dengan harga selangit cenderung memiliki packaging yang bagus dan mewah mulai dari bentuk, desain, hingga materialnya. Tentu Anda sudah tahu, bukan?

Bahkan, banyak produsen parfum dari luxury brand yang menggunakan emas dan kristal dalam packaging parfumnya lho. Tidak heran jika parfum semacam ini dijual dengan harga yang mahal. Kendati menguras dompet, faktanya tidak sedikit orang yang senang mengoleksi parfum mahal karena kemasannya yang mewah.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Body Scrub yang Bisa Merusak Kulit, Apa Saja?

3. Biaya penelitian dan pengembangan produk yang tidak sedikit

Penyebab harga parfum mahal yang ketiga yaitu biaya penelitian dan pengembangan produk yang tidak sedikit untuk menghasilkan parfum.

Selain proses produksi, proses penelitian dan pengembangan produk parfum juga memerlukan modal yang besar.

Sebelum menggunakan bahan baku tertentu, umumnya produsen parfum melakukan uji coba berkali-kali terlebih dahulu. Untuk mencapai taraf produk yang baik serta aman untuk digunakan dan diedarkan, para produsen parfum juga harus mengembangkan produknya.

4. Eksklusivitas produk

Penyebab harga parfum mahal yang terakhir yaitu eksklusivitas produk. Tak dapat dipungkiri bahwa banyak luxury brand yang melakukan promosi besar-besaran untuk produk parfum yang mereka miliki.

Misal, bekerja sama dengan selebriti sebagai brand ambassador atau mengadakan beauty event dengan modal yang fantastis.

Dari pengadaan promosi produk parfum yang demikian, sudah bisa dipastikan bahwa parfum tersebut memiliki kesan eksklusif dengan harga yang mahal. Kesan eksklusifnya pun dapat dirasakan oleh para pemilik parfum saat menggunakannya untuk momen spesial. 

Itulah 4 penyebab harga parfum mahal. Bagaimana? Sudah tidak penasaran lagi kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News