HOME, Keluarga

Kenapa Badan Hamster Berbau Tidak Sedap? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kenapa Badan Hamster Berbau Tidak Sedap? Ini Kemungkinan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Hamster biasanya bisa merapikan dirinya sendiri dengan menggosokkan kedua cakar depannya yang kecil ke wajah mereka. Mereka juga akan menggosokkan cakarnya ke seluruh tubuhnya, setidaknya di bagian mana pun yang dapat dijangkaunya.

Namun, hamster tetap memiliki bau khas dan terkadang menjadi bau yang tidak sedap. Ini sebenarnya tidak terlalu parah asal hamster mendapatkan perawatan yang tepat dari pemiliknya.

Bau-bau tak sedap dari badan hamster ini juga bisa muncul karena beberapa hal yang berkaitan dengan kebersihan kandangnya. Dilansir dari Pet Side, berikut 4 kemungkinan yang menyebabkan badan hamster berbau tidak sedap.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Hamster Peliharaan Suka Menggigiti Kandangnya. Simak Penjelasannya!

Kandang Tidak Dibersihkan

Terkadang, ada kotoran yang sangat membandel sehingga self-grooming dan sand bathing saja tidak cukup. Utamanya hamster berbulu panjang seperi hamster suriah. Dalam kasus ini, akan tepat untuk membantu hamster Anda membersihkan diri.

Misalnya, menggunakan sikat hewan peliharaan yang berbulu halus dan lembut. Jika Anda yakin bahwa hamster telah bersih dengan cara ini, tetapi mereka masih bau, Anda bisa mengecek kandangnya.

Kandang adalah tempat hidup hamster. Mereka makan, tidur, bermain, dan buang air di dalam kandang yang sama. Jika Anda tidak teliti dengan kebersihan ini, tentu hamster Anda akan terkena imbasnya dengan bau yang tidak sedap.

Hamster sebenarnya membenci bau kotorannya sendiri. Dengan alasan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan di mana asal bau ini berada. Mungkin ada di sudut-sudut yang jauh dari tempat tidur dan tempat makannya. Mengganti alas tidur dan alas pijaknya juga penting untuk dilakukan dengan rutin untuk menghindari bau ini.

Pertimbangan penting lainnya adalah memberikan pewangi buatan dapat berbahaya bagi hamster karena membuatnya bingung dan sakit. Hindari memberikan pewangi berlebih dan rajinlah membersihkan kandangnya.

Makanan Busuk

Ada kemungkinan terdapat sisa makanan di sarang yang membusuk. Anda tentu tak heran bahwa hamster suka menyembunyikan makanannya di tempat-tempat tertentu. Naluri alami ini dilakukan hamster untuk menyimpan sisa-sisa makanan berlebih.

Namun, makanan ini akan membusuk bila hamster terlalu lama menyimpannya, sehingga menyebabkan bau busuk yang cukup cepat. Oleh karena itu, beri makan hamster dengan porsi yang sedikit untuk mencegah hamster menyimpan makanan. Mengganti makanan simpanan dengan makanan yang baru juga bisa menjadi solusi lainnya.

Baca Juga: Jalan-Jalan Santai Baik Buat Kesehatan Anjing Peliharaan. Apa Saja?

Musim Kawin

Saat musim kawin tiba, hamster akan mengumumkan kepada lawan jenisnya bahwa mereka sedang “berahi” dan siap untuk kawin. Contohnya adalah hamster suriah. Betina dari jenis ini dapat mengeluarkan bau yang sangat kuat, musky, dan tajam selama waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Seringkali, bau busuk akan hilang selama beberapa hari sebelum kembali berbau lagi. Ini adalah tanda hamster kepanasan dan mengirimkan sinyal ke hamster jantan.

Indikasi Penyakit Hamster

Bau busuk oleh hamster juga dapat mengindikasikan penyakit, seperti masalah usus dan gigi. Kecurigaan ini akan datang jika Anda tidak melihat tanda-tanda berahi atau Anda telah membersihkan kandangnya dengan rutin.

Hamster Anda mungkin mengalami “ekor basah”, yakni gangguan terkait stres pada hamster yang sering muncul sebagai diare. Jika hal ini terjadi, maka bantuan dokter hewan sangat diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News