Santai

Kenapa Anjing Tidak Mau Makan? Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Anjing Tidak Mau Makan? Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Anjing biasanya sangat termotivasi oleh makanan, jadi jika anjing Anda berhenti makan, wajar jika Anda sedikit khawatir. Anda perlu mengetahui penyebab kenapa anjing tidak mau makan. 

Ada berbagai penyebab anjing tidak mau makan. Salah satunya karena anoreksia atau kurangnya nafsu makan. 

Anjing Anda menolak makanan apa pun dan tidak makan apa pun. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab kenapa anjing tidak mau makan beserta cara mengatasinya.

Baca Juga: Apakah Kucing Boleh Makan Daging Sapi? Wajib Simak Penjelasan Ini

Mengutip The Spruce Pets, berikut ini penyebab dan cara mengatasi anjing tidak mau makan. 

Penyebab Anjing Tidak Mau Makan 

1. Perilaku 

Beberapa anjing menjadi pemilih makanan setelah dimanjakan oleh pemilik anjing yang berniat baik dan menolak untuk makan kecuali mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Perubahan teratur pada makanan hewan yang Anda berikan, banyak camilan, dan memanjakan dengan makanan meja dapat menyebabkan masalah perilaku yang mengakibatkan anoreksia.

2. Penyakit 

Setiap kali seekor anjing merasa tidak enak badan, karena sakit atau penyakit, ia mungkin tidak mau makan. Penyakit hati dan ginjal, penyakit atau penyumbatan usus, penyakit pernapasan yang menyebabkan masalah pernapasan, kanker, dan masalah lain semuanya dapat menyebabkan anjing berhenti makan.

Kelesuan dan gejala lainnya, seperti muntah dan diare, juga sering muncul bersamaan dengan anoreksia pada anjing yang sakit.

3. Nyeri 

Anjing Sakit

Segala jenis nyeri sendi, otot atau punggung, nyeri mulut, ketidaknyamanan perut, dan masalah lainnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup membuat anjing enggan menundukkan kepalanya dan makan makanan.

4. Masalah Gigi 

Masalah gigi, termasuk gigi patah, penyakit periodontal, bahkan tongkat yang tertancap di langit-langit mulut anjing dapat menyebabkan anoreksia pada anjing Anda. 

5. Perubahan Lingkungan 

Penyebab anjing tidak mau makan juga bisa karena anjing stres atau ketakutam. Lingkungan baru dapat membuat anjing stres sehingga mungkin menolak untuk makan. 

Baca Juga: Waspada Penyakit Zoonosis dari Hewan Peliharaan, Simak 10 Cara Pencegahan

6. Efek Samping Obat

Obat-obatan yang mungkin diminum anjing Anda dapat menyebabkannya tidak mau makan. 

Diskusikan hal ini dengan dokter hewan Anda untuk mengetahui apakah dosis dapat diubah atau jika hal lain dapat dilakukan untuk mengurangi efek samping.

Selain obat-obatan, vaksinasi baru-baru ini juga dapat menyebabkan anjing merasa tidak enak badan dan karenanya tidak mau makan.

7. Halangan 

Beberapa anjing memakan benda-benda seperti kaus kaki, boneka binatang, batu, dan benda lain yang tidak dapat dicerna.

Ini dapat mengakibatkan penyumbatan dan membuat anjing Anda tidak mau makan.

Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Anda tidak boleh memaksa anjing Anda untuk makan. Sebaliknya, jika seekor anjing mengalami penurunan berat badan, dokter hewan Anda mungkin menginstruksikan Anda untuk memberikan bantuan makanan kepada anjing Anda.

Makanan kaleng encer atau formulasi khusus dapat digunakan untuk menyuntikkan makanan ke dalam mulut anjing, tetapi ini harus dilakukan secara perlahan. 

Jika dicekok terlalu cepat atau jika anjing Anda menolak untuk menelan makanan, anjing Anda dapat tersedot, mengakibatkan makanan masuk ke saluran napas, bukan ke kerongkongan. 

Tidak disarankan untuk memaksa memberi makan anjing Anda tanpa instruksi dan arahan khusus dari dokter hewan Anda. 

Karena ada cara lain yang lebih aman dan efektif untuk meningkatkan nafsu makan anjing Anda, pemaksaan makan anjing jarang disarankan.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Rabies pada Anjing, Kenali Tanda-tanda dan Gejalanya

Hal teraman untuk dilakukan jika Anda mengkhawatirkan kesehatan atau perilaku hewan peliharaan Anda adalah menghubungi dokter hewan. Mereka akan dapat memandu Anda tentang apa yang harus dicari dan kapan harus diperhatikan.

Jika anjing Anda menolak untuk makan tetapi bersikap normal sebaliknya, Anda dapat terus menawarkan makanan dan memantau anjing Anda untuk perubahan lainnya selama 12 hingga 24 jam.

Kemudian, jika anjing Anda mulai kehilangan berat badan, tidak bertingkah normal, muntah, diare, atau Anda melihat adanya perubahan lain pada anjing Anda, segera hubungi dokter hewan Anda. 

Jadi itulah penyebab kenapa anjing tidak mau makan. Anda bisa mengatasi anjing tidak mau makan dengan cara di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News