Kenali Teknik Memasak Bain Marie yang Perlu Anda Ketahui

Reporter: Raissa Yulianti
Sabtu, 25 September 2021 | 20:05 WIB
Kenali Teknik Memasak Bain Marie yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Bagi anda para pemula atau yang punya hobi masak, apakah anda tahu apa itu “Bain Marie”? Untuk anda yang belum tahu, yuk simak artikel yang satu ini!

Menangkum dari Pondan, Bain Marie memiliki nama asli Au Bain Marie yang berasal dari bahasa Prancis. Secara harfiah, Au Bain Marie adalah mandi air mendidih atau boiling-water.

Bain Marie merupakan teknik memasak yang mirip dengan cara pengukusan. Ia memanfaatkan energi panas yang timbul dari uap air, tapi tidak bersentuhan langsung dengan uap air tersebut.

Menurut Wikipedia, Bain Marie itu sendiri disebut juga sebagai pengetiman. Meski mirip dengan mengukus, ternyata teknik memasak Bain Marie sedikit berbeda dengan teknik pengukusan, loh!

Jika pada teknik pengukusan, makanan akan bersentuhan langsung dengan uap panas. Namun pada Bain Marie, makanan tidak akan bersentuhan dengan uap panas maupun api secara langsung.

Teknik memasak Bain Marie itu sendiri sebetulnya memiliki beberapa tujuan, di antaranya:

  • Menghindari panas langsung dari api
  • Membuat makanan tidak kehilangan banyak air dan tetap lembab
  • Tidak bersentuhan langsung dengan uap air
  • Memanaskan makanan tanpa membuatnya menjadi kering
  • Melelehkan makanan
  • Menghangatkan makanan catering

Dengan melihat berbagai tujuan dari Bain Marie ini, sebetulnya makanan yang paling cocok untuk dimasak menggunakan teknik tersebut adalah makanan-makanan lembut, seperti: nasi tim, custard, crème brulee, cheese cake, dan lain-lain.

Teknik Bain Marie itu sendiri memiliki 3 cara memasak yang berbeda:

  1. Menggunakan loyang di dalam oven
  2. Menggunakan panci di atas kompor
  3. Menggunakan panci khusus

Bain Marie Oven

Cara memasak yang pertama menggunakan panci atau loyang 2 wadah.

Caranya cukup mudah, anda bisa meletakkan makanan pada wadah kecil anti panas. Lalu anda bisa menata wadah makanan tersebut di atas loyang besar yang berisi air dan masukkan ke dalam oven.

Teknik di atas akan membuat makanan yang di oven tidak akan kehilangan kelembapannya.

Bain Marie Kompor

Bain Marie Kompor

Jangan salah, jika anda terbiasa melelehkan cokelat dengan merebusnya menggunakan piring & panci yang terpisah, anda juga tengah melakukan teknik memasak ala Bain Marie ini, loh!

Caranya mudah, cukup didihkan air ke dalam panci. Sementara itu, masukkan cokelat ke dalam sebuah piring kaca anti panas. Piring yang berisi cokelat tersebut bisa anda masukkan ke atas panci yang mendidih.

Dengan teknik tersebut, anda dapat melelehkan cokelat dengan baik tanpa bantuan air.

Bain Marie Panci Khusus

Bain Marie

Panci khusus ini biasanya digunakan untuk menghangatkan makanan catering yang disajikan banyak.

Tentu anda perlu menggunakan teknik memasak Bain Marie ini agar makanan catering tidak perlu dipindah-pindahkan ke dalam wadah yang berbeda.

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru