HOME, Bugar

Kenali Tanda-Tanda Munculnya Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

Kenali Tanda-Tanda Munculnya Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

MOMSMONEY.ID - Gejala kanker otak pada umumnya sulit dikenali karena bisa sangat mirip dengan penyakit lainnya yang lebih ringan.

Itu sebabnya banyak orang yang memiliki penyakit ini baru didiagnosis ketika sudah berada pada stadium akhir, sehingga terlambat mendapatkan pengobatan kanker otak.

Meski demikian, dilansir dari Healthline dan Health Focus, secara umum tanda-tanda munculnya kanker otak yang perlu diwasapadai sebagai berikut:

Baca Juga: Catat! Ini Cara Mudah Mendeteksi Kanker Payudara

1. Kelemahan dan mati rasa

Tanda-tanda munculnya kanker otak yang perlu diwasapadai pertama adalah mengaami kelemahan dan mati rasa. 

Gejala atau ciri-ciri lainnya yang mungkin terjadi bila Anda sakit atau kena kanker otak, yaitu kelemahan atau mati rasa pada tubuh Anda.

Kondisi ini bisa terjadi karena tumor mengganggu kerja otak, terutama otak besar, yang berfungsi mengontrol gerakan atau sensasi.

Gangguan kerja otak inilah yang kemudian menimbulkan kelemahan atau mati rasa, yang seringnya hanya di satu sisi.

Pada kondisi ini, Anda mungkin mengalami kehilangan rasa di lengan dan/atau tungkai kaki, yang biasanya terjadi di kedua sisi tubuh.

2. Sering sakit kepala

Tanda-tanda munculnya kanker otak yang perlu diwasapadai kedua adalah sering sakit kepala. Sakit kepala adalah gejala dini atau awal yang umumnya timbul akibat penyakit kanker otak.

Gejala ini memang tampak seperti tanda dari penyakit ringan lain. Namun, ciri-ciri sakit kepala karena kanker otak, yaitu terjadi secara terus menerus dan cenderung memburuk seiring berjalannya waktu.

Bahkan, obat sakit kepala biasa pun cenderung tidak mempan untuk mengobatinya. Gejala ini pun terkadang bisa membangunkan tidur Anda saat malam hari.

Sakit kepala sebagai tanda kanker otak juga seringnya semakin parah pada pagi hari, saat batuk atau mengejan, atau saat Anda beraktivitas.

3. Gangguan penglihatan

Tanda-tanda munculnya kanker otak yang perlu diwasapadai ketiga adalah gangguan penglihatan. Hal ini bisa menimbulkan gangguan atau masalah pada penglihatan Anda.

Kondisi ini bisa terjadi bila tumor atau kanker otak menyerang atau berada di dekat saraf optik. Anda mungkin juga melihat titik-titik putih atau bentuk yang mengambang di jarak pandang Anda, atau yang disebut dengan aura. 

Anda mungkin akan mengalami perubahan penglihatan, seperti penglihatan ganda, penglihatan kabur, atau kehilangan penglihatan secara bertahap.

Meski demikian, gejala dan tingkat keparahan dari masalah penglihatan ini akan berbeda pada setiap penderitanya. Hal ini tergantung pada ukuran dan jenis tumor di otak tersebut.

Baca Juga: Kenali Sederet Manfaat Cranberry untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker

4. Susah berpikir dan ada masalah pada memori otak

Tanda-tanda munculnya kanker otak yang perlu diwasapadai keempat adalah susah berpikir dan ada masalah pada memori otak. 

Kanker otak bisa menyebabkan gangguan kognitif, seperti sulit mengingat (ingatan lama atau ingatan baru), konsentrasi buruk, mudah bingung atau linglung, kesulitan berpikir jernih, dan kesulitan memproses informasi.

Sama seperti di kesulitan bicara, hal ini umumnya terjadi karena tumor berada di bagian depan otak, yaitu lobus frontal atau temporal. 

5. Kehilangan keseimbangan

Tanda-tanda munculnya kanker otak yang perlu diwasapadai terakhir adalah kehilangan keseimbangan. 

Kehilangan kesimbangan dan fungsi motorik, seperti merasa goyah ketika berdiri, berdiri miring ke satu sisi tanpa disadari, sering jatuh, hingga sulit berjalan, bisa menjadi tanda-tanda atau gejala sakit kanker otak.

Selain gejala yang disebutkan di atas, ciri-ciri penyakit kanker otak lainnya pun bisa saja muncul, seperti mual dan muntah, perubahan siklus menstruasi (terutama pada wanita), kelelahan tanpa alasan yang jelas, dan yang lainnya.

Bila ini terjadi pada Anda, segera konsultasikan diri ke dokter untuk memastikan penyebab tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News