Bugar

Kenali Sederet Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

Kenali Sederet Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Manfaat rebung untuk kesehatan juga tidak bisa diragukan lagi. Selain nikmat, kandungan rebung juga memiliki banyak khasiat.

Rebung merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya murah, rebung juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Rebung merupakan salah satu jenis sayuran yang bernilai gizi tinggi. Dilansir dari Mayo Clinic, ada banyak manfaat rebung untuk kesehatan, di antaranya:

Baca Juga: 5 Gejala Asam Urat Tinggi yang Banyak Diderita Orang

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada rebung tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Manfaat rebung ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat rebung untuk kesehatan yang kedua adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Rebung mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta kalium.

Berkat kandungannya, rebung baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

3. Menyehatkan dan melancarkan pencernaan

Rebung adalah salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat yang tinggi pada rebung diketahui bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan.

Rebung juga diketahui memiliki efek prebiotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

Baca Juga: Waspadai! Inilah Sederet Gejala Kolesterol Mulai Naik

4. Meningkatkan kesehatan usus 

Dalam satu porsi rebung dengan berat 155 gram, mengandung setidaknya 2 gram serat. Hal ini menjadikan rebung sebagai salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh.

Nah, perlu diingat bahwa serat dapat meningkatkan kesehatan usus dan melindungi tubuh dari beberapa masalah pencernaan. Misalnya seperti wasir, divertikulitis, hingga kanker kolorektal. 

5. Dipercaya mampu menurunkan berat badan

Rebung menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet karena rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi serat.

Perlu diingat bahwa serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut, untuk membantu perut terasa kenyang lebih lama di antara waktu makan. 

Itulah beberapa manfaat rebung untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News