Bugar

Kenali Sederet Kelebihan dan Kekurangan Pil KB Sebelum Dikonsumsi

Kenali Sederet Kelebihan dan Kekurangan Pil KB Sebelum Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Pil KB atau pil kontrasepsi adalah pil harian yang mengandung hormon untuk mengubah cara kerja tubuh dan mencegah kehamilan.

Pil KB bisa menjadi alat kontrasepsi dan berfungsi menebalkan lendir di sekitar serviks, yang akan mempersulit sperma untuk memasuki uterus dan mencapai sel telur yang sudah dilepas.

Hormon dalam pil KB terkadang juga bisa berdampak pada uterus, sehingga mempersulit sel telur untuk menempel pada dinding uterus. Dalam kasus ini, pil KB berperan penting dalam mengontrol ovarium dan uterus.

Baca Juga: Selain Memiliki Kelebihan, Ini 5 Efek Samping Memakai Pil KB yang Perlu Diperhatikan

Sebelum memeutuskan untuk mengonsumsinya, sebaiknya Anda mengerti kelebihan dan kekurangannya agar bisa mengantisipasinya, seperti yang dilansir dari Pregnant Education berikut ini: 

Kelebihan Pil KB

1. Mengurangi risiko kanker indung telur, rahim, dan usus besar.

2. Melindungi dari pelvic inflammatory disease (PCOS) yang merupakan infeksi pada organ reproduktif wanita, seperti uterus, serviks, ovarium, atau tuba fallopi.

3. Meredakan jerawat.

4. Mencegah osteoporosis.

5. Kram dan nyeri saat menstruasi menjadi lebih ringan.

6. Tidak akan mengganggu aktivitas hubungan intim.

7. Mmebuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur. 

8. Tidak memengaruhi kesuburan, meskipun mungkin akan memakan waktu 2-3 bulan untuk bisa hamil setelah menghentikan konsumsi pil KB.

9. Meredakan hirsutisme, menekan perkembangan hormon seks pria yang menyebabkan pertumbuhan rambut wajah dan tubuh, terutama di dagu, dada, dan perut.

Baca Juga: Cara Menghitung Siklus Menstruasi dan Masa Subur yang tepat

Kekurangan Pil KB

1. Sebagian wanita yang mengonsumsi pil KB akan mengalami keputihan. 

2. Meningkatkan atau menurunkan gairah berhubungan intim.

3. Berat badan naik. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pil KB yang perlu Anda ketahui sebelum mengonsumsinya. Jika Anda ragu, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News