HOME, Bugar

Kenali Sederet Jenis Batuk Berikut Ini agar Bisa Mengobatinya dengan Tepat

Kenali Sederet Jenis Batuk Berikut Ini agar Bisa Mengobatinya dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Batuk merupakan gejala umum yang muncul ketika terdapat masalah pada sistem pernapasan dan memiliki berbagai macam jenisnya.

Memahami perbedaan setiap jenis batuk dapat membantu menentukan pengobatan yang tepat untuk Anda.  

Meskipun tidak mungkin menentukan jenis batuk hanya dari suaranya saja, namun memang ada beberapa perbedaan suara batuk.

Baca Juga: 5 Latihan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Dilansir dari Healthline, inilah jenis-jenis batuk yang perlu Anda ketahui agar bisa mengobatinya dengan tepat, antara lain: 

1. Batuk karena flu dan alergi

Jenis batuk yang perlu Anda ketahui pertama adalah batuk karena flu dan alergi. Batuk karena alergi atau flu ini bisa berupa batuk kering atau berdahak.

Penyebab batuk adalah lendir yang diproduksi di tenggorokan. Batuk karena alergi ini umumnya disertai gatal. 

Sedangkan batuk karena flu sudah pasti disertai gejala flu lain seperti sedikit demam, sakit kepala, bersin, dan hidung tersumbat.  

2. Batuk kering

Jenis batuk yang perlu Anda ketahui kedua adalah batuk kering. Batuk kering tidak disertai dengan produksi lendir berlebih, sehingga dikenal juga dengan sebutan batuk non-produktif.  

Batuk kering umumnya memburuk di malam hari. Frekuensi terjadinya batuk pada jenis batuk ini memang lebih tinggi, diperberat juga dengan rasa perih di bagian tenggorokkan. 

3. Asma

Jenis batuk yang perlu Anda ketahui ketiga adalah diakibatkan oleh asma. Batuk karena asma terdengar seperti batuk kering yang berakhir dengan suara ngik ngik atau mengi.

Batuk karena asma umumnya memburuk pada malam hari atau saat berolahraga, sesak dada dan sesak napas serta kelelahan. Untuk memastikan asma atau tidak harus cek ke dokter. 

Baca Juga: Selain Kaya Vitamin, Inilah 5 Manfaat Labu Air untuk Kesehatan Tubuh

4. Batuk berdarah

Jenis batuk yang perlu Anda ketahui keempat adalah batuk berdarah. Darah tersebut dapat berasal dari paru-paru, tenggorokan, atau saluran pernapasan di sekitarnya.

Umumnya, darah berwarna merah terang sampai pekat dengan tekstur yang sedikit berbusa karena bercampur dahak.  

5. Penyakit paru kronis

Jenis batuk yang perlu Anda ketahui terakhir adalah karena penyakit paru kronis. Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) terdengar seperti batuk kronis.

Ciri khasnya, batuk menghasilkan banyak lendir, terutama di pagi hari. Gejala lainnya adalah sesak napas, terutama saat tengah beraktivitas fisik, mengi, kelelahan, dan sesak dada. 

Itulah beberapa jenis batuk yang perlu Anda ketahui agar bisa mengobatinya dengan tepat dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika tak kunjung sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News