CLOSE [X]
ads

Kenali Sederet Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 13 Mei 2022 | 09:59 WIB
Kenali Sederet Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Ketahui. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


MOMSMONEY.ID - Gejala awal penyakit jantung mungkin bisa berbeda-beda pada setiap orang. Gejala juga akan tergantung pada jenis penyakit jantung yang dialami. 

Gejala awal penyakit jantung bahkan tidak terasa begitu mengganggu. Meski begitu, ada beberapa gejala awal yang bisa dijadikan tanda waspada bahwa jantung Anda bermasalah. 

Dengan mengetahui gejala awal ini, Anda bisa mengambil langkah penangangan sedini mungkin, sehingga penyakit jantung bisa diatasi dengan lebih baik. 

Baca Juga: Kenali Penyebab Darah Rendah yang Jarang Diketahui

Dilansir dari CDC dan Healthline, inilah beberapa gejala serangan jantung yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Detak jantung yang tidak teratur

Gejala serangan jantung yang pertama adalah detak jantung yang tidak teratur. Gejala lainnya juga bisa berupa detak jantung yang sesekali terasa tidak normal.

Misalnya datangnya detak jantung terasa terlambat atau tiba-tiba ada detak yang menyelip di antara 2 detak jantung normal. 

2. Nyeri dada

Gejala serangan jantung yang kedua adalah nyeri dada. Nyeri dada atau angina pektoris adalah gejala awal penyakit jantung koroner yang paling umum dialami.

Gejala nyeri dada bisa berbeda-beda setiap orang. Beberapa orang mungkin merasakan dada seperti ditimpa sesuatu yang berat, ada juga yang merasakan dada seperti terbakar. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru