Bugar

Kenali Sederet Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Abnormal

Kenali Sederet Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Abnormal

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi keputihan abnormal yang sudah sangat mengganggu.

Sebagian besar keputihan memang tidak perlu diobati dan bisa sembuh sendiri, misalnya, keputihan karena ovulasi, menjelang menstruasi, atau kehamilan. 

Namun, jika keputihan muncul beserta keluhan yang mengganggu, kondisi ini perlu diobati. Cara mengatasi keputihan pun ada beragam. 

Salah satu cara mengatasi keputihan abnormal yang bisa Anda lakukan adalah mengganti celana saat berkeringat atau lembap. 

Selain itu, mengutip dari Very Well Health, berikut adalah beberapa cara ampuh mengatasi keputihan abnormal lainnya, antara lain:  

Baca Juga: Moms Bisa Coba, Cara Ini Efektif untuk Mencegah Keputihan yang Mengganggu

1. Jaga area vagina tetap kering

Cara ampuh mengatasi keputihan abnormal yang pertama adalah menjaga area vagina tetap kering. Selalu usap vagina dari depan ke belakang dengan handuk bersih. 

Pastikan juga mengganti celana dalam saat berkeringat dan lembap dan jangan biarkan arena vagina terasa lembap. 

2. Hindari stres dan jaga pola makan

Cara ampuh mengatasi keputihan abnormal yang kedua adalah menghindari stres dan menjaga pola makan yang tepat.  

Stres dapat memengaruhi perkembangan bakteri di area genital. Stres juga berpengaruh pada nafsu makan, sehingga menyebabkan seseorang banyak mengonsumsi makanan. 

Baca Juga: Moms Wajib Lakukan, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Stres Karena Lelah Bekerja

3. Bersihkan vagina dengan tepat

Cara ampuh mengatasi keputihan abnormal yang ketiga adalah membersihkan vagina dengan tepat. 

Bersihkanlah vagina setiap kali selesai buang air kecil atau buang air besar. 

Anda bisa mulai membersihkan vagina dengan cara yang tepat, yaitu dengan membasuhnya dari depan ke belakang atau dari arah vagina menuju anus, bukan sebaliknya.   

4. Hindari menggunakan produk kewanitaan

Cara ampuh mengatasi keputihan abnormal yang keempat adalah menghindari menggunakan produk kewaitaan.  

Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu menggunakan produk pembersih kewanitaan, seperti cairan pembersih vagina. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! Ini 5 Masalah yang Sering terjadi Saat Masa Nifas

5. Gunakan kompres dingin

Cara ampuh mengatasi keputihan abnormal yang kelima adalah menggunakan kompres dingin. Kompreslah vagina menggunakan es atau waslap lembut yang direndam air dingin. 

Guna meredakan rasa tidak nyaman, seperti gatal atau bengkak, pada vagina saat mengalami keputihan, Anda juga bisa coba untuk menggunakan kompres dingin.  

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai cara mengatasi keputihan, janganlah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. 

Langkah ini penting untuk memastikan apa penyebab keputihan yang Anda alami, sehingga cara mengatasi keputihan juga bisa lebih tepat. 

Itulah sederet cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi keputihan abnormal yang sudah sangat mengganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News