Keluarga

Kenali Perbedaan Marmut dan Hamster, Serupa tapi Tak Sama

Kenali Perbedaan Marmut dan Hamster, Serupa tapi Tak Sama

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa marmut dan hamster adalah hewan yang berbeda. Ada perbedaan marmut dan hamster yang perlu Anda ketahui. 

Terdapat enam perbedaan marmut dan hamster. Mengutip The Dodo, marmut dan hamster merupakan hewan pengerat, tetapi mereka adalah bagian dari keluarga yang berbeda. 

Marmut termasuk dalam keluarga Caviidae seperti kapibara. Sementara hamster merupakan bagian dari keluarga Cricetidae. Itulah yang menunjukkan perbedaan marmut dan hamster. 

Baca Juga: Ingin Punya Hewan Peliharaan? Ini 6 Hewan Peliharaan Umum yang Mudah Dirawat

Berikut adalah enam perbedaan marmut dan hamster yang perlu Anda ketahui:

1. Ukuran 

Cara mudah membedakan marmut dan hamster adalah dengan melihatnya. Marmut jauh lebih besar dari hamster, ukurannya tiga kali lebih besar. 

Karena ukurannya jauh lebih besar, marmut membutuhkan lebih banyak ruang hidup, yang harus Anda perhitungkan, terutama jika Anda tertarik dengan marmot karena ukurannya yang kecil.

2. Umur 

Marmut hidup lebih lama dari hamster, jadi mereka umumnya memiliki komitmen yang lebih besar.

Marmut biasanya dapat hidup antara 5 dan 7 tahun, tetapi dalam beberapa kasus mereka dapat mencapai dua digit. Hamster biasanya hanya berumur sekitar 2 sampai 3 tahun.

Baca Juga: Simak Perawatan Kucing Munchkin bagi Pemula, Harganya Fantastits

3. Kepribadian 

Marmut dan hamster memiliki kepribadian yang sangat berbeda.

Jika Anda menginginkan hewan peliharaan yang lebih sosial, Anda harus menggunakan marmut. Sebagian besar marmut akan senang dipeluk begitu mereka merasa nyaman di dekat Anda.

Sementara hamster cenderung lebih menyendiri karena bisa menjadi teritorial terhadap hamster lain. 

Mereka juga lebih pemalu di sekitar manusia daripada babi guinea, yang berarti hamster Anda mungkin tidak langsung menyukai Anda.

Tetapi, banyak hamster yang bisa belajar menikmati digendong dan dibelai jika Anda meluangkan waktu untuk membiarkan hamster merasa nyaman.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Jenis Hewan Pengerat yang Bisa Dipelihara Selain Masbro Kapibara

4. Pola tidur 

Hamster dan marmut juga memiliki pola tidur yang berbeda. Hamster aktif di malam hari, jadi mereka tidak akan banyak bangun di siang hari, dan Anda mungkin terbangun karena hamster Anda menggemeresek di kandangnya di malam hari.

Sedangkan marmut bersifat krepuskular, artinya mereka paling aktif saat fajar dan senja. 

5. Gangguan 

Hamster dapat mengeluarkan banyak suara saat berlarian di sekitar kandangnya atau di atas roda hamster, tetapi suaranya tidak sekeras marmut.

Marmut cenderung bersuara sangat keras, karena mereka membuat banyak suara mencicit yang tampaknya terlalu keras untuk berasal dari hewan sekecil itu. 

Baca Juga: Harga Anjing Shiba Inu, Simak Perbedaan dengan Akita Inu

6. Habitat 

Marmut ebih besar dari hamster, jadi mereka membutuhkan ruang hidup yang jauh lebih besar.

Selain itu, marmut lebih suka memiliki teman, Anda memerlukan kandang yang lebih besar untuk menampung dua (atau lebih) dari mereka.

Marmut tidak melompat atau memanjat, jadi mereka membutuhkan ruang lantai untuk berlarian dan berolahraga, dan Anda mungkin benar-benar terkejut mengetahui berapa banyak ruang yang idealnya dimiliki oleh marmut.

Menurut The Humane Society, ukuran minimum kandang untuk dua marmut harus 7,5 kaki persegi.

Nah, itulah perbedaan marmut dan hamster. Keduanya memang sama-sama hewan pengerat, namun keduanya memiliki perbedaan yang tak banyak diketahui orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News