HOME, Keluarga

Kenali Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Jangan Sampai Tertukar!

Kenali Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Jangan Sampai Tertukar!

MOMSMONEY.ID - Selama ini, mungkin Anda lebih akrab dengan penggunaan kompor gas. Namun, saat ini jenis kompor sudah mulai beragam, seperti kompor listrik dan kompor induksi.

Berbicara soal kompor listrik dan kompor induksi, banyak yang mengira kalau keduanya sama saja. Memang, kedua kompor tersebut memiliki desain dan fitur yang terlihat mirip, sehingga sering disangka sebagai jenis yang sama. Padahal, keduanya adalah jenis kompor yang berbeda.

Nah, kalau begitu apa saja perbedaan antara kompor listrik dan kompor induksi? Berikut beberapa poin yang menjadi pembeda antara keduanya.

Baca Juga: Mau Beli Token Listrik PLN di Indomaret? Simak Caranya di Sini

Sistem Pemanasan

Dilansir dari Rinnai Indonesia, kompor induksi bekerja dengan cara menggunakan reaksi elektromagnetik untuk menghasilkan panas. Panas ini langsung dihantarkan pada panci dan wajan yang berada di atas kompor.

Sementara itu, sesuai dengan namanya, kompor listrik mendapatkan energi dari listrik yang dicolokkan dari kompor. Listrik ini akan memanaskan pelat kawat di bagian atas kompor, lalu dihantarkan pada permukaan kompor.

Efisiensi Energi

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tingkat efisiensi energi antara kompor listrik dan kompor induksi cukup berbeda. Karena kompor listrik tidak menghantarkan panas secara langsung, efisiensi energinya hanya mencapai sekitar 70% saja.

Di sisi lain, kompor induksi bekerja dengan cara menghantarkan panas secara langsung pada wajan dan makanan, sehingga efisiensi energinya bisa mencapai 80%-90%.

Suhu Maksimum

Berbicara soal suhu maksimum, kompor listrik ternyata bisa mencapai suhu maksimum yang lebih tinggi dibandingkan kompor induksi, yakni sekitar 393 derajat Celsius. Sementara itu, kompor induksi hanya bisa mencapai suhu sekitar 351 derajat Celcius.

Walaupun begitu, kompor induksi cepat mengalami penurunan suhu dari panas ke dingin ketika dimatikan, sedangkan kompor listrik membutuhkan waktu yang lebih lambat.

Baca Juga: Mencuci Pakaian Lebih Mudah, Ini 5 Tips Menata Laundry Room di Rumah

Tingkat Keamanan

Mengutip Good Housekeeping, kompor induksi cenderung lebih aman jika dibandingkan dengan kompor listrik.

Sebab, kompor induksi cepat mengalami penurunan suhu dan bekerja dengan cara memancarkan elektromagnetik, sehingga risiko luka bakar atau kebakaran pun kecil. Kompor listrik sendiri cenderung tidak aman jika langsung disentuh setelah digunakan.

Harga

Jika dibandingkan dengan kompor listrik, kompor induksi memang cenderung lebih mahal karena teknologinya yang lebih canggih.

Namun, kompor induksi hanya mahal di awal saja, sebab selama pemakaiannya kompor ini tidak memakan biaya listrik yang cukup besar.

Itulah perbedaan antara kompor listrik dan kompor induksi yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, sekarang sudah paham kan perbedaan antara keduanya? Mana jenis kompor yang kira-kira cocok untuk Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News