HOME, Bugar

Kenali Penyebabnya! 5 Penyebab Rambut Menipis di Usia Muda

Kenali Penyebabnya! 5 Penyebab Rambut Menipis di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Saat melihat rambut mulai menipis tentunya ada perasaan khawatir apalagi masih di usia muda. Kondisi rambut yang menipis tidak menyebabkan kebotakan. Namun, tampilan rambut akan terlihat jarang dan kulit kepala lebih tampak jelas.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut menipis, mulai dari faktor genetik hingga kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari. Mengutip dari cnfstore.com, inilah penyebab rambut menipis di usia muda, yaitu

1. Faktor Genetik

Penyebab rambut menipis di usia muda pertama adalah faktor genetik. Jika anggota keluarga Anda ada yang mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, kemungkinan Anda juga bisa mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan yang mampu mempengaruhi laju pertumbuhan dan penipisan rambut.

2. Kekurangan Vitamin D

Penyebab rambut menipis selanjutnya yaitu kekurangan vitamin D. Tubuh memerlukan asupan vitamin D untuk menstimulasi folikel-folikel rambut.

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin S, maka folikel rambut kesulitan memproduksi rambut-rambut baru yang akan menggantikan rambut rontok. Oleh karena itu, jangan biarkan tubuh kekurangan vitamin D jika tidak ingin mengalami rambut yang menipis.

Baca Juga: Tidak Hanya Enak, Inilah Manfaat Kolang Kaling untuk Kulit

3. Kekurangan Protein

Penyebab rambut menipis di usia muda berikutnya adalah kekurangan protein. Asupan protein sangat penting untuk membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang baru.

Jika tubuh kekurangan protein jenis keratin, makan rambut akan lebih mudah terlepas dari folikel rambut. Selain itu, pertumbuhan rambut akan menjadi terhambat. Penuhi asupan protein Anda setiap hari agar terhindar dari masalah rambut rontok berlebihan.

4. Terlalu Sering Terkena Panas

Sering terkena paparan sinar matahari atau alat-alat styling? Kedua sumber panas pada rambut tersebut memang bisa menyebabkan rambut rontok jika terpapar secara berlebihan dan terus-menerus.

Lebih teliti melindungi rambut dari sinar matahari dan penggunaan alat-alat styling. Gunakan pelindung rambut seperti topi dan rutin menggunakan vitamin untuk mempertahankan kesehatan rambut.

5. Kebiasaan Menguncir Rambut

Penyebab rambut menipis di usia muda terakhir yaitu kebiasaan menguncir rambut. Saat akan memulai aktivitas seringkali rambut dikuncir agar lebih rapi dan memudahkan.

Namun ternyata kebiasaan menguncir bisa mengakibatkan rambut rontok jika Anda lakukan setiap hari dalam waktu lama. Kulit kepala akan menjadi tegang dan membuat rambut mudah terlepas dari folikelnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News