HOME, Keluarga

Kenali Penyebab Tanaman Anda Tumbuh Kerdil

Kenali Penyebab Tanaman Anda Tumbuh Kerdil

MOMSMONEY.ID - Dari sekian banyak tanaman peliharaan anda, bisa jadi ada yang pertumbuhannya sangat lambat dan bahkan bertubuh kerdil, tak normal seperti tanaman lain pada umumnya.

Ini bisa jadi tanaman Anda mengalami stunting, yakni masalah gizi yang menyebabkan gangguan pada pertumbuhan, sehingga tanaman menjadi lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Ketika tanaman Anda ternyata benar mengalami stunting, Anda perlu mengatasinya. Namun, mula-mula Anda perlu mengetahui penyebab masalahnya. Nah, dilansir dari Gardening Know How, berikut 5 kemungkinan penyebab tanaman Anda tumbuh kerdil.

Baca Juga: Buah Kaktus Ada yang Bisa Dimakan, loh! Ini Jenis dan Manfaatnya

Kekurangan Sinar Matahari

Tak ada satupun tanaman di dunia ini yang tak membutuhkan cahaya. Termasuk tanaman Anda yang membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Bila kekurangan cahaya, tanaman akan mengalami masalah, salah satunya adalah lambat bertumbuh.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memindahkan tanaman agar terkena sinar matahari. Namun, Anda perlu memperhatikan jenis tanaman Anda, apakah mereka membutuhkan sinar matahari langsung atau sinar matahari teduh. Sesuaikan kebutuhan sinar matahari ini sesuai dengan jenis tanaman Anda.  

Kelebihan atau Kekurangan Air

Pertumbuhan yang terhambat bisa jadi disebabkan oleh penyiraman yang tidak tepat. Kekurangan air adalah penyebab umum tanaman kesulitan tumbuh. Sebab, fungsi air sama seperti sinar matahari yang berperan dalam pertumbuhan tanaman.

Namun, jangan sampai Anda kelebihan memberikan air. Beberapa tanaman tidak dapat tumbuh subur di tanah yang tergenang air. Maka, penting bagi Anda untuk menjadwalkan penyiraman atau mengecek kondisi tanah sebelum menyirami. Anda perlu memastikannya setiap hari.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Bila Tanaman Hidup Tanpa Diberi Pupuk

Ketidakseimbangan Nutrisi

Tanaman membutuhkan unsur hara yang lengkap agar tumbuh dengan baik dan menghasilkan hasil yang berkualitas. Nutrisi utama yang dibutuhkan semua tanaman adalah nitrogen, kalium, dan fosfor. Jika kebutuhan nutrisi ini tidak seimbang, maka tanaman akan mengalami masalah.

Dilansir dari Home Guides SF Gate,  kekurangan nitrogen menyebabkan daun menguning dan tanaman kurus. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan buah dan pembungaan buruk, serta daun bermata kuning. Sementara itu, tanaman yang kekurangan forfor akan memilik daun kuning kusam.

Tanaman yang kekurangan unsur hara mikro seperti magnesium, mangan, atau zat besi juga akan mengalami masalah. Oleh karena itu, pemberian pupuk perlu disesuaikan dengan kondisi tanah.

Serangan Hama dan Penyakit

Sudah bukan hal baru lagi bahwa serangan hama dan penyakit akan menyebabkan tanaman kerdil. Anda bahkan dapat mengeceknya melalui mata telanjang. Hama biasanya berupa serangga, ulat, dan binatang pengerat seperti tikus. Sementara penyakit tanaman dapat berupa jamur atau infeksi dari penyakit tanaman lain.

Kondisi Tanah yang Buruk

Kondisi lingkungan tanah yang buruk juga dapat menyebabkan masalah tanaman kerdil. Kondisi tanah buruk misalnya nutrisi tanah yang tidak seimbang, pH tanah yang tidak tepat, persaingan gulma, dan sebagainya.

Oleh karena itu, ketika Anda akan menanam sesuatu di tanah pekarangan Anda, penting untuk mengecek kondisinya terlebih dahulu sebelum ditanami. Apakah tanah cukup subur dan pHnya sesuai atau tidak adalah pertimbangan yang utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News