Bugar

Kenali Penyebab Sariawan yang Sering Tidak Disadari

Kenali Penyebab Sariawan yang Sering Tidak Disadari

MOMSMONEY.ID - Penyebab sariawan yang sering tidak disadari memang kadang sulit dipastikan. Selain itu, ada pula beberapa hal yang tanpa Anda sadari  menyebabkan sariawan.

Meski begitu, ada berbagai penyebab yang diketahui memicu kondisi ini, mulai dari kurangnya asupan nutrisi, konsumsi makanan asam atau pedas, kebiasaan merokok, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Biasanya, seseorang mengalami sariawan akibat lidah dan pipi yang tidak sengaja tergigit. Namun, ternyata ada banyak hal lain yang tanpa disadari menyebabkan sariawan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah berbagai penyebab sariawan yang sering tidak disadari dan perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Rambusa untuk Kesehatan, Cari Tahu Yuk!

Mulut kering

Penyebab sariawan yang pertama adalah mulut kering. Jika mulut Anda kering, maka bakteri dan kuman akan lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang di sana.

Pertumbuhan bakteri dan kuman yang tidak terkendali inilah yang membuat Anda lebih rentan mengalami peradangan atau infeksi di mulut.

Luka tergigit

Penyebab sariawan yang kedua adalah luka tergigit. Bibir, lidah, atau bagian dalam pipi kadang bisa tidak sengaja tergigit saat bicara atau makan.

Hal ini akan menyebabkan luka, yang kemudian bisa berkembang menjadi sariawan. Luka di dalam mulut juga terjadi akibat tertusuk duri ikan, tusuk gigi, atau terkena alat makan.

Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab sariawan yang ketiga adalah kebersihan mulut yang buruk. Sariawan muncul ketika infeksi bakteri ini menimbulkan peradangan dan luka di rongga mulut.

Kurangnya terjaganya kebersihan gigi dan mulut  menyebabkan berbagai kuman bersarang di dalam mulut dan menyebabkan infeksi.

Rasa cemas dan stres

Penyebab sariawan yang keempat adalah rasa cemas dan stres. Perasaan cemas dan stres yang sering kali tidak kita sadari  memudahkan munculnya sariawan.

Tidak hanya beban emosional, beban fisik yang menyebabkan tubuh kelelahan juga menimbulkan sariawan.

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Kenali Juga Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Pemakaian kawat gigi

Penyebab sariawan yang terakhir adalah pemakaina kawat gigi. Selain kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas juga bisa menyebabkan sariawan.

Pemakaian kawat gigi juga sering kali menimbulkan sariawan. Hal ini karena bagian tepi atau ujung kawat gigi bisa menggesek permukaan dalam pipi, sehingga menimbulkan luka dan sariawan.

Jika sariawan tidak kunjung sembuh sampai lebih dari dua minggu, segera periksakan diri ke dokter untuk menkan penanganan yang tepat.

Jika dirasa perlu, dokter akan memberikan obat antibiotik atau antijamur untuk mengatasi infeksi, obat kortikosteroid untuk meredakan peradangan, dan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit.

Itulah beberapa penyebab sariawan yang sering tidak disadari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News