Bugar

Kenali Penyebab Peredaran Darah Tidak Lancar pada Tubuh

Kenali Penyebab Peredaran Darah Tidak Lancar pada Tubuh

MOMSMONEY.ID - Penyebab peredaran darah tidak lancar pada tubuh memang sangat beragam dan perlu Anda ketahui.

Seperti air yang mengalir dalam pipa, darah di tubuh juga mengalir di dalam pembuluh darah. Proses ini terjadi dan bertujuan agar sel-sel tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi.

Dengan begitu, sel dapat bekerja dengan baik. Agar tidak menimbulkan komplikasi, sirkulasi darah yang buruk harus diatasi.

Cara mengatasi kondisi ini harus disesuaikan dengan berbagai penyebab yang mendasarinya. Nah, pada beberapa orang, peredaran darah bisa saja tidak lancar.

Dilansir dari Health Focus, berikut adalah beberapa penyebab dari peredaran darah tidak lancar, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

1. Diabetes

Penyebab peredaran darah tidak lancar yang pertama adalah diabetes. Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf dan kadar glukosa yang tinggi.

Seiring waktu, kadar glukosa darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan plak.  

Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol dengan benar untuk menjaga peredaran darah yang sehat.  

2. Penggumpalan darah

Penyebab peredaran darah tidak lancar yang kedua adalah penggumpalan darah. Penggumpalan darah di pembuluh darah dapat membatasi aliran darah dari organ atau jaringan.

Dalam beberapa kasus, gumpalan sepenuhnya menghalangi aliran darah. Jika gumpalan bergerak, bisa menimbulkan komplikasi yang parah.  

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah, Ini Sederet Manfaat Kencur untuk Kesehatan

3. Merokok

Penyebab peredaran darah tidak lancar yang ketiga adalah merokok. Kebiasaan merokok yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab aliran darah yang tidak lancar dalam tubuh.

Soalnya, merokok dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah sehingga darah sulit mengalir dengan lancar.   

4. Aterosklerosis

Penyebab peredaran darah tidak lancar yang selanjutnya adalah aterosklerosis. Aterosklerosis adalah salah satu penyebab paling umum dari peredaran darah yang tidak lancar.

Melansir Mayo Clinic, penyakit ini terjadi ketika plak menumpuk di pembuluh darah, terutama di arteri. Penumpukan ini akhirnya mempersempit yang akhirnya membatasi aliran darah.  

Aterosklerosis biasanya menyerang arteri otak, jantung, kaki, dan lengan. Ketika aterosklerosis berkembang di tungkai atas dan bawah, ini disebut penyakit arteri perifer (PAD).  

Baca Juga: 5 Manfaat Nangka untuk Kesehatan, Bisa Cegah Lonjakan Gula Darah

5. Penyakit raynaud

Penyebab peredaran darah tidak lancar yang terakhir adalah penyakit raynaud. Orang yang mengalami tangan dan kaki dingin kronis disebut penyakit raynaud.

Penyakit ini menyebabkan arteri kecil di tangan dan kaki menyempit sehingga Anda mungkin mulai mengalami gejala peredaran darah yang tidak lancar.

Itulah beberapa penyebab peredaran darah tidak lancar yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News